Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong Milenial Jadi Petani, Bupati Cirebon: Kalau Pertanian Ditinggalkan, Kita Semua Makan Apa?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 01 Desember 2021, 08:03 WIB
Dorong Milenial Jadi Petani, Bupati Cirebon: Kalau Pertanian Ditinggalkan, Kita Semua Makan Apa?
Bupati Cirebon, Imron/RMOLJabar
rmol news logo Pemerintah Kabupaten Cirebon mendorong adanya regenerasi petani d itengah rendahnya minat generasi muda menekuni bidang pertanian.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Bupati Cirebon, Imron, saat menghadiri acara bimbingan teknis tanam padi menggunakan alat modern di Desa Karangwangi, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, Selasa (30/11).

"Masih ada anggapan kalau menjadi petani itu tidak menjanjikan. Akhirnya, mereka mencari pekerjaan lain," kata Imron, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Padahal, menurut Imron, sektor pertanian ini bisa terus berkembang dan tetap eksis di tengah perkembangan zaman. Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan alat pertanian modern.

Imron menuturkan, jika sektor pertanian ditinggalkan oleh generasi muda, ancaman krisis pangan bisa saja terjadi. Untuk itu, ia berharap inovasi pengembangan pertanian dari pemerintah pusat bisa terus digulirkan.

"Kalau pertanian ditinggalkan, kita semua akan makan apa? Saya keluarga tani dan sekarang mulai susah mencari buruh untuk macul (bertani)," tutur Imron.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Cirebon juga mendorong kepada seluruh kuwu untuk mampu menggali potensi, baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Asep Pamungkas mengatakan, pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Cirebon kini terhambat dengan permasalahan jumlah buruh tani yang terus berkurang.

Saat ini, tutur Asep, Pemprov Jawa Barat memiliki program Petani Milenial. Upaya tersebut dilakukan untuk menggugah generasi muda menjadi petani andal.

"Kami dari Dinas Pertanian akan terus berusaha meningkatkan gairah anak muda untuk turun ke dunia pertanian," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA