Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Berbagi Smartphone di Tengah Minimnya Infrastruktur Sekolah Daring

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 22 November 2021, 22:57 WIB
Berbagi Smartphone di Tengah Minimnya Infrastruktur Sekolah Daring
Bantuan perangkat elektronik penunjang sekolah daring di SMK Negeri 1 Balikpapan/Ist
Minimnya perangkat elektronik dan jaringan internet masih jadi persoalan mendasar yang dialami sejumlah sekolah dan siswa kurang mampu dalam proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Berangkat dari persoalan tersebut, Sahabat Ganjar memutuskan untuk membagikan perangkat belajar daring kepada siswa kurang mampu. Salah satu sekolah yang disasar adalah SMK N 1 Balikpapan, Kalimantan Timur.

Mereka memutuskan membagikan sejumlah perangkat ponsel pintar kepada para pelajar kelas X, XI, dan XII di sekolah tersebut, Senin (22/11).

“Kenyataannya, tak semua siswa memiliki perangkat ponsel yang mendukung kegiatan belajar-mengajar dari rumah. Maka, kami mencoba membantu mendukung pendidikan mereka melalui program berbagi ini," ujar Ketua DPW Sahabat Ganjar Kaltim, Michail Agustinus Wangkay.

Tak hanya membagikan perangkat belajar daring, mereka juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para siswa dan guru SMK N 1 Balikpapan. Pemeriksaan kesehatan ini juga sebelumnya telah dilakukan di sejumlah daerah dengan menggunakan metode digital (digidoc), yakni rumah sakit tanpa dinding atau telemedicine.

Lepas dari SMK N 1, Sahabat Ganjar menggelar pengajian bersama ibu-ibu pengajian di Mining Coffee, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

Rangkaian kegiatan mereka kemudian ditutup dengan aksi larisin pengrajin manik-manik di Jalan Hos Cokro Aminoto, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda. Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong UMKM yang berada di Kalimantan Timur.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA