Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Banjir, Khofifah Tinjau Tiga Rumah Pompa Kemuning Sampang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 14 November 2021, 14:56 WIB
Antisipasi Banjir, Khofifah Tinjau Tiga Rumah Pompa Kemuning Sampang
Gubernur Jatim Khofifah saat tinjau rumah pompa Kemuning di Kabupaten Sampang, Jawa Timur/Ist
rmol news logo Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau tiga Rumah Pompa aliran Sungai Kemuning, Sampang, Sabtu (13/11). Masing-masing ke Rumah Pompa di jalan  Bahagia, Rumah Pompa Jalan Delima dan Rumah Pompa Jalan Raya Panggung Kampung Dhabhukor.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Khofifah ingin memastikan kesiapan alat pompa air serta petugas jaga yang akan mengantisipasi potensi hujan lebat dan banjir. Turut mendampingi Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Kepala Dinas PU SDA Provinsi Jatim M. Isa Anshori, Kadis PUCK Jatim Baju Trihaksoro dan Kalaksa BPBD Jatim Budi Santoso.

"Peninjauan ini sebagai salah satu langkah mitigasi guna mengantisipasi banjir luapan Kali Kemuning yang hampir setiap tahun melanda Kabupaten Sampang," ungkap Khofifah.

Khofifah mengatakan, jika dirinya telah memerintahkan Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jatim beserta jajarannya untuk melakukan check and recheck di semua sektor.

Bahkan khusus untuk kawasan Rumah Pompa di Sampang ini, Gubernur Khofifah mengaku telah menginstruksikan jauh sebelum dilakukan apel kesiapsiagaan bencana Oktober lalu.

"Ini betul-betul harus check and recheck . Saya sudah memerintahkan ke Ka Dinas PU SDA, bahkan jauh sebelum kita lakukan apel siaga banjir," imbuhnya.

Desember tahun lalu (2020) saat terjadi banjir cukup luas dan agak lama sekitar 2 minggu,  Khofifah menyebut menemukan sejumlah persoalan diantaranya pintu air tidak terbuka karena fiber opticnya hilang, hingga genset dan  aki yang tidak berfungsi.

Berangkat dari insiden kebanjiran sebelumnya, Gubernur Khofifah juga meminta langkah cepat baik dari Provinsi maupun Pemerintah daerah setempat untuk terus melakukan mitigasi dan cek secara berkala.

"Saya minta untuk memastikan agar Rumah Pompa bisa berjalan dengan baik. Walau masih ada genset yang harus dilengkapi disini, mudah-mudahan bisa membantu proses  percepatan sirkulasi air," tutur Gubernur perempuan pertama Jatim ini.

Keberadaan Rumah Pompa ini disebut Gubernur Khofifah menjadi sangat vital. Tak hanya sebagai pusat pengatur sirkulasi air untuk mencegah banjir, namun juga sirkulasi air pertanian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA