Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aksi Tanggap PPSU Berhasil Percepat Genangan di Mampang dan Cipinang Melayu Surut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 14 November 2021, 06:41 WIB
Aksi Tanggap PPSU Berhasil Percepat Genangan di Mampang dan Cipinang Melayu Surut
Ilustrasi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU)/Net
rmol news logo Aksi gerak cepat dilakukan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dalam mencegah terjadinya genangan yang berlarut-larut di ibukota.

Pada Sabtu malam (13/11), petugas PPSU berhasil mengatasi genangan yang terjadi di wilayah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan dan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Tepat pada pukul 21.00, seluruh genangan di wilayah tersebut sudah surut.
 
"PPSU memonitor ketinggian Kali Mampang dan Kali Krukut. Memastikan tali-tali air dan saluran air tidak tersumbat dan melaporkan hasil monitoring lokasi kepada Lurah Bangka," kata Wakil Camat Mampang Prapatan, Rafli seperti diberitakan Kantor Berita RMOL Jakarta.

Berdasarkan monitoring Dinas SDA DKI Jakarta, tinggi muka air di seluruh pintu air masih bervariasi, yaitu normal dan siaga. Hingga pukul 21.00 WIB, tidak ada pintu air yang berstatus awas/siaga 1, bahkan sebagian besar berstatus normal.

"Para petugas juga bahu-membahu bersama RT/RW dan warga untuk bekerja sama dalam mengatasi genangan,” ujar Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto.

Sabdo menegaskan bahwa kehadiran personel gabungan, seperti PPSU, pompa air, dan pemadam kebakaran, yang berkoordinasi dengan RT/RW serta warga untuk membantu warga terdampak genangan/banjir mampu mempercepat surutnya genangan, sehingga jalan raya bisa tetap dilalui kendaraan.

Secara terpisah, Lurah Cipayung, Yulian Fathiniah, melaporkan tidak terdapat genangan air yang mengganggu aktivitas warga dan lalu lintas sekitar, meskipun hujan melanda sejak menjelang sore di kawasan tersebut.

Sementara itu, Ketua RT 011/004, sekaligus Ketua Kampung Siaga Bencana di Kemang Bangka, Mampang, Jakarta Selatan, Tukul Mawardi, menginformasikan bahwa ketinggian banjir di wilayahnya mencapai 80 cm.

"Sudah sejak sore airnya naik. Memang karena wilayah kita ada di tengah aliran Kali Mampang jadinya mudah tergenang, tetapi sudah mulai surut," kata Tukul.

Di sisi lain, Camat Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Iwan K. Santoso menginformasikan bahwa kondisi di wilayah Kebayoran Lama masih nihil genangan air.

"Petugas PPSU dan pompa air sudah stand by, terutama di depan Gandaria City yang rawan genangan,” kata Iwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA