Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hingga Pagi Ini, Kebakaran Kilang Pertalite Milik Pertamina Belum juga Padam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Minggu, 14 November 2021, 05:55 WIB
Hingga Pagi Ini, Kebakaran Kilang Pertalite Milik Pertamina Belum juga Padam
Kebakaran kilang pertamina/Repro
rmol news logo Api yang membakar kilang minyak milik PT Pertamina RU IV Cilacap, belum juga padam, usai mulai menyala pada Sabtu sekitar 19.10.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hingga Minggu pagi (14/11) pukul 05.53, api terlihat masih berkobar besar dibalut dengan asap hitam pekat. Adapun pemadam kebakaran masih terus melakukan upaya pemadaman dan mengisolasi tangki-tangki lain.

General Manager Kilang Pertamina Indonesia (KPI) RU IV Cilacap, Eko Sumarno memastikan pasokan BBM dan elpiji ke masyarakat tidak terganggu meskipun kilang 36T102 hangus terbakar.

"Dengan kejadian ini tidak mengganggu pasokan BBM dan elpiji ke masyarakat,” kata Eko dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu malam (13/11).

Eko menjelaskan, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 19.10. Adapun tangki 36T102 ini berisikan bahan komponen Pertalite. Saat ini, dikatakan Eko, pihaknya masih melakukan pemadaman pada tangki yang terbakar dengan High Capacity Foam Monitor dan juga mengisolir tangki yang terbakar.

Sedangkan untuk tangki disekitarnya dilakukan pendinginan dengan water sprinkler untuk mencegah merambatnya kebakaran.

Dijelaskan Eko, dugaan awal penyebab kebakaran akibat sambaran petir. Sebab, saat peristiwa terbakarnya kilang terjadi hujan lebat disertai adanya petir. Namun demikian, Pertamina dan aparat Kepolisian masih melakukan pendalaman terkait penyebab kebakaran.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA