Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pantai Ulee Lheue Banda Aceh Tercemar Batubara, Ekosistem Laut Terancam Rusak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 04 November 2021, 10:58 WIB
Pantai Ulee Lheue Banda Aceh Tercemar Batubara, Ekosistem Laut Terancam Rusak
Pantai Ulee Lheue, Kecamatan Meraxa, Kota Banda Aceh, tercemar limbah batubara/Ist
rmol news logo Rencana untuk menjadikan Pantau Ulee Lheue di Kecamatan Meraxa, Kota Banda Aceh, sebagai destinasi wisata unggulan tengah terancam. Penyebabnya adalah adanya pencemaran dari limbah batubara yang bertebaran di pinggir pantai.

Diduga, limbah batubara itu berasal dari Kapal Tongkang berada sekitar pantai.  

Sekretaris Gampong Developmen Institute Aceh, Rahmi Fajri mengatakan, limbah batu bara yang bertebaran di pinggir pantai Ulee Lheue sangat berdampak buruk terhadap kerusakan biota laut.

“Akan mempengaruhi matinya terumbu karang dan ikan, akibat asam yang keluar dari batubara,” jelas Rahmi kepada Kantor Berita RMOLAceh, Kamis (4/11).

Rahmi pun mendesak pihak-pihak terkait untuk melakukan investigasi lebih dalam terhadap pencemaran tersebut. Jika dibiarkan, peristiwa itu akan terus terjadi dan merusak lingkungan setempat.

Selain itu, kata dia, pencemaran juga akan berdampak lebih buruk lagi bagi ekosistem laut. Kalau terbukti, maka perusahaan yang mengangkut batubara tersebut harus mendapat sanksi tegas.

Dinas Pariwitasa Kota Banda Aceh akan menjadikan Pantai Ulee Lheue sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Berbagai sektor terus dibenah untuk perbaikan.

Sayang, jika limbah batubara berhamburan di bibir pantai, warga pasti kurang berminat mengunjungi Pantai Ulee Lheue.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA