Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Perampokan, Pembunuhan Dantim BAIS Pidie Diduga Dipicu Penyerahan Senjata yang Gagal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 02 November 2021, 15:42 WIB
Bukan Perampokan, Pembunuhan Dantim BAIS Pidie Diduga Dipicu Penyerahan Senjata yang Gagal
Kendaraan yang digunakan korban saat ditembak oleh OTK/Ist
rmol news logo Aksi penembakan yang berujung kematian Komandan Tim Badan Intelijen Strategis (Dantim BAIS) Pidie, Aceh, Kapten Abdul Majid, diduga bukan perampokan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut dugaan pengamat teroris, Al-Chaidar, pembunuhan itu terjadi karena proses penyerahan senjata yang gagal.

“Jika perampokan biasa, mobil juga akan dibawa lari dan teman dari almarhum juga akan dibunuh,” jelas Al-Chaidar, dikutip Kantor Berita RMOLAceh, Selasa (2/11).

Al-Chaidar mengatakan, kemungkinan Abdul Majid mencoba meminta pemilik senjata api itu menyerahkannya kepada negara. Sebagai imbalan, negara akan memberikan kompensasi uang.

Namun uang yang dibawa Abdul Majid dianggap tidak sepadan. Karena posisi pemilik senjata telah diketahui, transaksi gagal itu berujung pada pembunuhan Abdul Majid.

Al-Chaidar memastikan kelompok yang menyerang ini bukan jihadis. Bisa jadi, mereka adalah kelompok yang tidak terkoordinir yang saat ini mengalami kesulitan ekonomi.

“Kita juga lihat, ada kelompok lainnya menyerang Pos Polisi di Aceh Barat juga. Dan untuk menyerang tersebut juga butuh keberanian. Apalagi laras panjang yang digunakan merupakan peninggalan sisa konflik Aceh,” tutur Al-Chaidar.

Komandan Tim BAIS Pidie, Kapten Abdul Majid, menjadi korban penembakan orang tak dikenal (OTK) pada Kamis petang (28/10). Penembakan terjadi di Jalan Lhok Panah, Desa Murong Cot, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie, Aceh sekitar pukul 18.19 WIB. Saat itu korban tengah mengemudikan mobil Toyota Fortuner putih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA