Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketaatan Bayar Pajak Dipengaruhi Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 28 Oktober 2021, 04:56 WIB
Ketaatan Bayar Pajak Dipengaruhi Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah
Ilustrasi wajib pajak/Net
rmol news logo Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan dalam membayar pajak.

"Jika masyarakat sudah percaya dengan pemerintah maka akan menjadikan kepatuhan pajak menjadi tinggi meski dengan tarif yang tinggi. Jika masyarakat sudah percaya, masyarakat akan membayarnya," ujar Rektor Universitas Katolik Soegijapranata, Ferdinand Hindiarto, di sela-sela perpanjangan kerja sama dan seminar bertema "PPN atas Transaksi Digital" secara virtual, Rabu (27/10).

Ferdinand berharap Unika dapat berperan aktif dan mendorong agar persepsi pajak di masyarakat menjadi positif karena masyarakat sebetulnya sudah merasakan manfaat pajak secara tidak langsung.

Kerja sama ini merupakan periode ke-3 antara Universitas Katolik Soegijapranata dengan Kanwil DJP Jawa Tengah I. Kerja sama pertama dilakukan pada November 2012 yang berakhir pada November 2015.

Kerja sama yang ke-2 dilakukan pada Juni 2016 sampai dengan Juni 2021. Adapun kerja sama yang ke-3 dilakukan dari Oktober 2021 hingga bulan Oktober 2026.

Selain bekerja sama dengan Kanwil DJP Jawa Tengah I, Unika Soegijapranata juga bekerja sama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

Ketua Umum IKPI, Mochamad Soebakir mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk mencerdaskan anak bangsa sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi.

"Pajak saat ini sebagai tulang punggung dalam pembiayaan pembangunan, oleh karena itu sangat tepat jika pendidikan pajak dilakukan sejak awal seperti yang dilakukan oleh Unika ini," ucap Soebakir, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Teguh Budiharto mengatakan, sebagai pusat informasi, pendidikan, dan pelatihan perpajakan, Tax Center mempunyai peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar mengerti hak dan kewajiban perpajakannya.

"Dengan melibatkan peran mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi tumpuan bangsa dalam pembangunan, melalui wadah Tax Center ini diharapkan akan memupuk jiwa nasionalisme untuk mewujudkan kemandirian bangsa," ujar Teguh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA