Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fokus Lindungi Kedaulatan, Wartawan Kepri Segera Deklarasikan Forum Wartawan Maritim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 27 Oktober 2021, 13:38 WIB
Fokus Lindungi Kedaulatan, Wartawan Kepri Segera Deklarasikan Forum Wartawan Maritim
Wartawan Kepulauan Riau akan mendeklarasikan Forum Wartawan Maritim pada Kamis, 28 Oktober 2021/Ist
rmol news logo Wartawan-wartawan di Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki kepedulian terhadap isu-isu kemaritiman di wilayah akan segera mendeklarasikan Forum Wartawan Maritim Kepri.

Deklarasi dijadwalkan berlangsung pada Kamis (28/10) waktu setempat, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan itu juga akan dilakukan saat penutupan Pelatihan Jurnalistik Maritim Berwawasan Kebangsaan di Kepri yang digelar secara hybrid.

Sejumlah tokoh yang turut menghadiri kegiatan itu di antaranya Atase Pers Kedutaan Besar Amerika Serikat Michael Quinlan, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Mohamad Irhas Effendi, Ketua Jurusan Komunikasi Veteran Yogyakarta Agung Prabowo, Direktur Lambaga Penguji Kompetensi Wartawan (LPKW) UPN Veteran Yogyakarta Susilastuti, serta sejumlah pemateri dan tamu undangan lainnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga direncanakan akan memberikan pidato selama upacara pendirian Forum Wartawan Maritim Kepri.

Koordinator Wilayah Pelatihan Jurnalistik Maritim Berwawasan Kebangsaan Provinsi Kepri, Saibansah Dardani menerangkan, pendirian forum tersebut berangkat dari kepedulian para wartawan untuk mengawal kedaulatan wilayah maritim di Provinsi Kepri.

Selain itu, mereka juga menyoroti kegiatan perekonomian masyarakat pesisir yang dinilai masih terpinggirkan.

Forum Wartawan Maritim Kepri sendiri bersifat terbuka bagi semua wartawan di Kepri yang memiliki visi dan semangat yang sama untuk bersinergi menjaga kedaulatan wilayah demi kesejahteraan masyarakat.

Seperti dalam keterangan yang diterima redaksi, para wartawan telah menyampaikan sejumlah poin yang menjadi fokus. Diantara poin tersebut disampaikan oleh wartawan senior Arham.

"Wartawan Maritim Kepri mendukung kebijakan yang menstimulus begeraknya perekonomian perbatasan. Di antaranya, pendirian Kantor UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Perikanan di setiap kabupaten/kota se-Provinsi Kepri," terangnya.

Gagasan lain juga datang dari Pemimpin Redaksi Batamxinwen.com, M. A Khafi Ansyari.

"Wartawan Maritim Kepri concern terhadap kerusakan lingkungan di pesisir," ujarnya.

Dalam prosesnya, forum akan menerbitkan buku yang berisi karya-karya liputan kolaboratif para wartawan terkait dengan potensi dan isu di perairan Provinsi Kepri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA