Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Tiga Hektar Lahan dan Semak Gunung Batur Bangli Berhasil Dipadamkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 23 Oktober 2021, 16:36 WIB
Kebakaran Tiga Hektar Lahan dan Semak Gunung Batur Bangli Berhasil Dipadamkan
Tim gabungan saat memadamkan kebakaran lahan di Gunung Batur/Ist
rmol news logo Kebakaran lahan dan semak kering di Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payang (TWAGBBP), Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, berhail dipadamkan pada Sabtu pagi (23/10).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menerangkan, titik pusat api yang membakar berhektar-hektar lahan hutan ditemukantim gabungan.

Dia mentatakan, tim gabungan yang turun ke lapangan mengatasi kebakaran hutan ini terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangli, Kesatuan Pengelola Hutan Konservasi (KPHK) Kintamani, Kodim Bangli, Polsek Kintamani, Damkar Kabupaten Bangli, Masyarakat Peduli Api (MPA), Kelompok Gunung Sari Mertha dan masyarakat sekitar.

"Proses pemadaman api tersebut dilakukan dengan teknik bakar balik atau membuat sekat bakar," ujar Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/10).

Menurut asesmen tim di lapangan, munculnya titik api diduga berasal dari adanya pergesekan ranting yang juga dipicu oleh faktor cuaca yang panas disertai angin kencang pada Jumat (22/10) siang.

"Tidak ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa atas peristiwa tersebut," imbuh Abdul Muhari.

Kendati begitu, BNPB kata Abdul Muhari, sudah menerima laporan hasil kaji cepat tim BPBD Kabupaten Bangli mengenai lahan hutan yang terbakar akibat kondisi alam yang terjadi tersebut.

"Luas lahan yang terbakar mencapai kurang lebih tiga hektar," ungkapnya.

Dalam proses penyisiran usai memadamkan api di lokasi utama, Abdul Muhari menjelaskan, tim gabungan juga menemukan empat titik api baru yang berada tidak jauh dari lokasi kebakaran sebelumnya.

"Titik api baru itu berada di sisi timur punggung Gunung Batur," katanya.

Maka dari itu, setelah melihat adanya titik api baru tersebut, tim gabungan mengambil langkah cepat untuk pemadaman dan asesmen lebih lanjut. Api kemudian berhasil dipadamkan setelah melalui upaya keras seluruh tim.

"Kendati sebelumnya mengalami kendala karena titik lokasi berada pada kemiringan yang curam," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA