Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Awali Karir sebagai OB, Rektor UIN KHAS Prof Babun Suharto Diganjar Rekor MURI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Jumat, 22 Oktober 2021, 20:59 WIB
rmol news logo Di tengah perayaan hari santri nasional tahun 2021 hadir kabar menginspirasi bagi seluruh santri di seluruh pelosok nusantara.

Seorang santri yang berhasil berjuang dari bekerja sebagai honorer office boy (OB) kemudian berhasil menjadi Rektor sejak tahun 2012. Prof Babun Suharto namanya, akademisi yang saat ini menjabat Rektor UIN Kiai Achmad Siddiq (KHAS).

Capaian istimewa Prof Babun ini pun mendapat ganjaran penghargaan Rektor MURI. Ia diganjar anuegrah Rekor MURI karena menjadi satu-satunya pimpinan perguruan tinggi pertama yang berhasil menaikkan status lembaganya.

Selama menjabat sejak tahun 2015, Prof Babun memang telah mengalihkan status kampusnya dari STAIN ke IAIN lalu tahun dialihkan menjadi UIN.

"Prof. Dr. H. Babun Suharto SE MM adalah "Transformator" alih status dari STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) menjadi  menjadi IAIN (Institut Agama Islam Negeri) dan kini menjadi Universitas Islam Negeri," demikian keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Jumat malam (22/10).

Perjalanan Prof Babun benar-benar dapat menginspirasi banyak orang. Meski hanya menjadi office boy di kampus yang bernama STAIN ketika itu ia tak patah semangat.

Meski awalnya seorang OB, setelah menempuh pendidikan S-1, S-2 dan lanjut ke jenjang S-3, karirnya di IAIN Sunan Ampel Cabang Surabaya di Jember terus naik.

Fase karir yang ia jalani dari sekadar OB menjadi tukang ketik, lalu menjadi Subbag Umum. Kemudian beberapa tahun kemudian menjadi Ketua Penjaminan Mutu (2006-2008) dan Direktur Pascasarjana (2008-2012).

Seteleh puluhan tahun mengabdi, ia kemudian mendapat kepercayaan sebagai Rektor Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember 4 periode berturut-turut. Jabatan itu ia emban sejak tahun 2012 hingga saat ini.

"Beliau adalah sosok Santri pejuang yang berhasil menjadi tokoh yang membawa manfaat bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia dan menjadi inspirasi bagi kita semua," pungkas keterangan tertulis kepada redaksi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA