Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Meutya Hafid: Generasi Muda Harus Menjadi Pelopor Masyarakat Digital

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 15 Oktober 2021, 02:44 WIB
Meutya Hafid: Generasi Muda Harus Menjadi Pelopor Masyarakat Digital
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid/Net
Generasi muda harus menjadi pelopor masyarakat digital di tengah era disrupsi teknologi yang menuntut percepatan inovasi dan perubahan fundemental pada semua sistem dan tatanan yang ada ke cara-cara baru.

Begitu dikatakan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dalam webinar bertajuk Muda, Kreatif dan Digitalisasi yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (14/10).

Menurut Meutya Hafid, di era revolusi industri 4.0, anak muda harus memanfaatkan enabler technology yang inovatif dan menciptakan nilai tambah pada teknologi drone, artificial intelegence, big data analysis, cloud dan teknologi lainnya.

"Anak muda sebagai pemilik zaman harus menguasai berbagai pengetahuan baru yang berhubungan dengan internet, data dan algoritma, yang menjadi penentu umat manusia di masa mendatang," ujar Meutya Hafid.

Legislator Partai Golkar inj mengatakan, DPR terus mendorong pemerintah untuk mempercepat berbagai upaya dalam membangun literasi digital.

"Sehingga menjadi upaya perubahan kultur dan attitude masyarakat dalam percepatan transformasi digital," katanya.

Ditambahkan Dosen Vokasi Universitas Indonesia Devie Rahmawati, di era pandemi Covid-19 seperti saat ini, seharusnya dunia digital menjadi berkah bukan bencana.

Hal ini, kata Devie, tentu sangan ditentukan dari perilaku dari masyarakat yang menggunakan dunia maya dengan tetap mengedepankan etika dalam berselancar di dunia maya.

"Komunikasi menjadi penting ketika sedang berinteraksi di dua dunia itu. Sama halnya dengan dunia nyata pada dunia digital kunci kesuksesan hidup adalah komunikasi yang beradab dan bermartabat," pungkasnya.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA