Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masuk Ring 1, Alasan Monas Batal Jadi Sirkuit Formula E

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 07 Oktober 2021, 18:58 WIB
Masuk Ring 1, Alasan Monas Batal Jadi Sirkuit Formula E
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/RMOLJakarta
rmol news logo Kawasan Monumen Nasional (Monas) dipastikan tidak akan digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E yang bakal digelar Juni 2022.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza menerangkan bahwa salah satu alasannya karena Monas masuk ke dalam wilayah ring 1.

"Monas tidak memungkinkan karena masuk dalam ring 1," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Kamis (7/10).

Wilayah ring 1 sendiri adalah area dinas Presiden Republik Indonesia yang pengamanannya di bawah kendali Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kawasan pengamanan ring 1 meliputi kediaman presiden dan wakil presiden, kantor presiden dan wakil presiden, Istana Negara dan Istana Merdeka di Jakarta, juga Wisma Negara dan Bina Graha di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Padahal jika ditarik ke belakang, kawasan Monas telah diizinkan Kementerian Kesekretariatan Negara (Kemensetneg) selalu Komisi Pengarah untuk digunakan sebagai lokasi balapan berskala internasional itu.

Bahkan uji coba pengaspalan juga sempat dilakukan di area Monas sisi timur yang berdekatan dengan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (22/2/2020).

"Ada lima titik yang sedang jadi alternatif. Nanti menunggu pihak Formula E yang akan meninjau mana lokasi yang memungkinkan," tutup Ariza.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA