Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jateng Punya UMKM Mumpuni, Wapres Optimistis Kemiskinan Ekstrem di 5 Kabupaten Bakal Tuntas pada Akhir Tahun Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 07 Oktober 2021, 16:44 WIB
Jateng Punya UMKM Mumpuni, Wapres Optimistis Kemiskinan Ekstrem di 5 Kabupaten Bakal Tuntas pada Akhir Tahun Ini
Wapres Maruf Amin didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau produk UMKM Jateng, dalam kunjungan kerja di Semarang, Kamis (7/10)/RMOL Jateng
rmol news logo Wakil Presiden Maruf Amin optimistis penanggulangan kemiskinan ekstrem di lima kabupaten di Jawa Tengah bisa tercapai pada akhir 2021. Keyakinan ini muncul setelah Maruf melihat potensi UMKM di Jateng yang cukup bagus.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Wapres usai meninjau sentra vaksinasi  dan menggelar rapat tertutup di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kamis (7/10). Wapres didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin Maimoen serta empat orang menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam kesempatan itu, Maruf sempat berdialog dengan perwakilan UMKM dari lima kabupaten prioritas.

"Saya melihat beberapa produk UMKM, karena ini merupakan salah satu daripada upaya kita untuk menghilangkan kemiskinan," ujar Maruf dalam konferensi pers yang dikutip Kantor Berita RMOLJateng (7/10).

UMKM yang ditinjau Maruf antara lain produk Gula Semut dari Kabupaten Banyumas yang telah berhasil merambah pasar internasional. Maruf juga sempat berdialog dengan UMKM Sarung Goyor dari Kabupaten Pemalang.

"Pemerintah juga menggunakan pendekatan yang pertama dalam perlindungan sosial, bansos, yang kedua melalui pemberdayaan yaitu melalui pengembangan UMKM daerah," ujarnya.

Melihat potensi tersebut, dirinya optimistis Jawa Tengah akan mencapai target penanggulangan kemiskinan ekstrem di lima kabupaten itu pada akhir 2021 nanti.

"Saya lihat beberapa kabupaten yang hari ini kita jadikan sasaran kemiskinan banyak produk-produknya yang sudah bagus bahkan sudah diekspor. Dan potensi ini ingin kita terus kembangkan sehingga proses kemiskinan secara menyeluruh segera dapat diatasi," katanya.

Ditambahkan Wapres, setidaknya ada 212 Kabupaten di seluruh Indonesia yang jadi target penanggulangan kemiskinan ekstrem hingga 2024. Percepatan dilakukan mulai tahun ini dengan target sasaran 35 kabupaten di 7 provinsi.

"Dari pertemuan ini kita harapkan adanya sinkronisasi penanganan baik anggaran dari pusat, provinsi, maupun dari kabupaten. Ditambah lagi mungkin dari CSR dari juga filantropi termasuk Baznas, kemudian kita bisa selesaikan lima kabupaten di jawa tengah," tandas Maruf.

Pemprov Jateng sendiri sudah siap untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrem di lima kabupaten dengan strategi graduasi mandiri ekonomi.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, sebelumnya juga menegaskan siap menjalankan tugas antara lain untuk menyiapkan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar sinkron dengan pusat sehingga bantuan bisa tepat sasaran.

"Saya minta Pemda untuk menghitung dari desil satu di lima kabupaten prioritas itu untuk dipetakan. Setiap nama, alamatnya di mana, kondisi hari ini seperti apa, dan bantuan yangg sudah didapat seperrti apa. Kalau kemudian kita mau aksi untuk tiga bulan ke depan, penyelamatan apa yang mesti dilakukan kepada mereka agar terentaskan dengan cepat," kata Ganjar, pada Selasa lalu (28/9). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA