Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mayjen (Purn) Sudrajat: Pemerintah Perlu Edukasi Masyarakat soal Komunis Biar Move On

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 06 Oktober 2021, 22:48 WIB
Mayjen (Purn) Sudrajat: Pemerintah Perlu Edukasi Masyarakat soal Komunis Biar Move On
Ilustrasi/Net
Dalam survei yang digagas Median didapati sebanyak 46 persen masayrakat masih percaya komunis bangkit di Indonesia.

Hal itu ditandai oleh beberapa faktor, beberapa di antaranya banyaknya TKA asal China masuk Indonesia, banyak ulama yang ditangkap, hingga vaksin Sinovac dari China jadi salah satu pemicu publik percaya bangkitnya komunis Tanah Air.
Ketua Asosiasi Kerjasama Indonesia-China Mayjend TNI (Purn) Sudrajat menyampaikan bahwa ada persepsi yang salah di tengah masyarakat menilai China atau Tiongkok sebagai biang kerok dari munculnya komunis di Indonesia saat ini.

"Saya kira persepsi tadi hasil survei saya melihatnya memang pemahaman tentang hakikat ancaman itu tidak banyak yang begitu pham sehingga semuanya responsif terhadap berita-berita dan kesan-kesan yang dia peroleh secara pribadi tanp ada suatu pemikiran yang mendalam,” kata Sudrajat dalam acara diskusi virtual NKRI dan Ancaman Komunisme Dalam Dinamika Geopolitik, yang digagas Gelora Talks, Rabu (6/10).

Pihaknya meminta agar pemerintah turun tangan dalam menyikapi hal ini. Pasalnya, trauma-trauma 55 tahun lalu atas pembantaian sadis kaum komunis di Indonesia perlu disembuhkan agar masyarakat Indonesia move on dari luka batinnya.

"Saya kira ada kewajiban dari pemerintah mengedukasi masyarakat baik itu melalui lembaga-lembaga pendidikan maupun penelitian ini perlu untuk menyadarkan masyarakat supaya move on bahwa kita harus berubah,” tutupnya.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA