Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Begini Jurus Pemprov DKI Antisipasi Banjir Ibukota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 05 Oktober 2021, 22:29 WIB
Begini Jurus Pemprov DKI Antisipasi Banjir Ibukota
Petugas Sudin SDA Jakarta membuat sumur resapan/RMOLJakarta
rmol news logo Menyambut musim penghujan, berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengantisipasi banjir yang kerap melanda.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, pihaknya menyiagakan drainase vertikal dalam langkah mitigasi pengendalian banjir di Jakarta saat ini.

Hal itu disampaikannya dalam rapat Komisi D DPRD DKI Jakarta bersama Dinas Lingkungan Hidup (LH), dan Bina Marga, Selasa (5/10).

“Salah satunya adalah mengendalikan run-off. Bagaimana air hujan itu tidak buru-buru menggelondong di saluran kita, makanya terapkan dengan drainase vertikal,” kata Yusmada seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi DKI Jakarta Syaripudin juga memastikan pihaknya menggencarkan penanganan dengan pembersihan sampah di badan sungai ataupun kali yang berpotensi rawan banjir.

“Kami juga selalu membersihkan sampah-sampah yang ada di permukiman, ini kita lakukan sebagai salah satu upaya mengatasi banjir dan juga saluran air beberapa sungai,” sambungnya.

Terakhir, Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho menyatakan pihaknya akan responsif dalam penanganan ketika terjadi genangan di saluran drainase atau resapan air di trotoar, baik penanganan saat genangan hingga pasca genangan terjadi.

“Kalau terjadi genangan, kita langsung keliling membuat tutup lubang,” tandas Hari.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA