Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Wings Air Batalkan Penerbangan Lowoleba-Kupang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 05 Oktober 2021, 21:15 WIB
Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Wings Air Batalkan Penerbangan Lowoleba-Kupang
Pesawat Wings Air/Net
rmol news logo Bandar Udara (Bandara) Wonopito, Lewoleba di Pulau Lembata, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur ditutup sementara akibat erupsi gunung Ile Lewotolok. Akibatnya, penerbangan pesawat Wings Air terpaksa dihentikan.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pengentian penerbangan Wing Air akibat erupsi Gunung Ile ini lantaran material abu vulkanik (volcanic  ash) dapat merusak pesawat udara, sehingga  membahayakan penerbangan.
 
"Wings Air selalu memprioritaskan aspek keselamatan dan keamanan sehingga dampak yang kemungkinan timbul dari kondisi tersebut dapat diminimalisir dan diantisipasi sedini mungkin (lebih awal)," kata Danang dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10).

Danang mengatakan, dalam memastikan keselamatan dan keamanan (safety first), layanan penerbangan Wings Air mengalami pembatalan (cancel flight) terdiri dari Penerbangan nomor IW-1994 Kupang �" Lewoleba dan penerbangan nomor IW-1995 Lewoleba �" Kupang.  
 
"Kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus termasuk force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan," ujar Danang.

Terkait pembatalan penerbangan tersebut, Wings Air memberikan solusi kepada seluruh pelanggan yang  terkena dampak antara lain penjadwalan ulang keberangkatan di hari berikutnya (reschedule) dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan yang berlaku.

Selanjutnya, kata Danang, Wings Air bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan, pengelola bandar udara dan pengatur lalu lintas udara setempat.  
 
"Operasional penerbangan Wings Air akan menyesuaikan (melayani atau terbang kembali) menurut keputusan otoritas bandar  udara dan bandar udara tujuan dinyatakan aman untuk lepas landas serta mendarat (safe for flight)," demikian Danang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA