Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Epidemiolog Jamin Tak Akan Ada Gelombang Ketiga Covid-19, Selama Mampu Menjalankan Syarat-syarat Ini

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 27 September 2021, 11:10 WIB
Epidemiolog Jamin Tak Akan Ada Gelombang Ketiga Covid-19, Selama Mampu Menjalankan Syarat-syarat Ini
Ahli Epidemiologi UI, Pandu Riono/Repro
Setelah dilanda gelombang kedua Covid-19 pada Juli-Agustus lalu, masyarakat kini kembali dikhawatirkan akan adanya gelombang ketiga yang diprediksi terjadi pada akhir tahun nanti.

Namun, ahli Epidemiologi dan Biostatistik Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, Pandu Riono, memastikan tidak akan ada gelombang ketiga pandemi Covid-19 di akhir tahun. Syaratnya, Indonesia bisa mempertahankan status penularan.

"Setiap ada lonjakan kasus yang umumnya lokal, lakukan tindakan korektif," kata Pandu seperti dikutip Kantor Berita RMOLJakarta melalui akun twitter Pandu Riono, Senin (27/9).

Pandu pun lantas menyarankan Pemerintah memperkuat sistem surveilans dan terus menggenjot vaksinasi serta kepada masyarakat agar selalu disiplin protokol kesehatan.

Menurut Pandu, Pemerintah sudah menyadari bahwa pandemi itu bergelombang. Sehingga berbagai upaya pun terus dikerjakan untuk menekan setiap adanya lonjakan kasus yang berpotensi menjadi gelombang baru.

"Jangan jemawa dan euforia pada fase kasus yang rendah (strolling). Perkuat dan tingkatkan semua upaya agar tak terjadi gelombang (berikutnya)," pinta Pandu.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA