Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

IKA Unpad Sukses Gelar Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas

LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 26 September 2021, 03:50 WIB
IKA Unpad Sukses Gelar Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas
Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan/RMOLJabar
Berkat kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) sukses menggelar vaksinasi terhadap penyandang disabilitas.

Disampaikan Ketum IKA Unpad, Irawati Hermawan, pihaknya terus menjaga konsistensi kepedulian serta mengutamakan hak kesetaraan hak penyandang disabilitas untuk mendapatkan vaksinasi.

Salah satunya melalui program Gebyar Vaksinasi kedua bagi Para Penyandang Disabilitas yang dilaksanakan serentak di 20 daerah di Jabar.

"IKA Unpad mengawal pelaksanaan vaksinasi satu dan dua bagi para penyandang disabilitas," ujar sosok yang kerap disapa Teh Ira itu di SLB Negeri Cicendo, Kota Bandung, Sabtu (25/9).

Gebyar Vaksinasi di Kota Bandung sendiri diselenggarakan di dua tempat. Yakni di Kodiklat TNI Angkatan Darat dan SLB Negeri Cicendo. Teh mendampingi Komandan Kodiklat TNI AD, Letjen AM Putranto saat penyelenggaraan vaksinasi di Kodiklat.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi di SLB N Cicendo dengan tagline #SALAM,SayaSudahDivaksin ini dihadiri oleh Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia; Gubernur Jabar, Ridwan Kamil; Ketua Tim PKK Jabar, Atalia Praratya; Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana; Kadinkes Jabar, Nina Susana; Kadisdik Jabar, Dedi Supandi; dan Kepsek SLB N Cicendo, Wawan.

"Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin hadir secara daring sebagai Keynote Speaker," kata Teh Ira.

Menurutnya, pemilihan lokasi vaksinasi di SLB N Cicendo oleh IKA Unpad tidak sembarangan. Sebab, sekolah tersebut merupakan sekolah tuna rungu-wicara pertama di Indonesia bahkan di Asia Tenggara yang didirikan 6 Mei 1933 di masa pemerintahan kolonial Belanda.

"Kegiatan vaksinasi kali ini menggunakan vaksin Sinopharm. Para peserta vaksin didampingi oleh keluarga atau guru dari sekolah masing-masing juga penerjemah bahasa isyarat. Disediakan pula ruang observasi dan penerangan terkait KIPI," tuturnya.

Gebyar Vaksinasi kedua bagi penyandang disabilitas ini terselenggara berkat kerja sama antara IKA Unpad dengan Bank Indonesia (BI), Bank Mandiri, Bank BJB, Lembaga  Penjamin Simpanan (LPS), HIPPINDO, Bigdonte, MyUnpad, Siloam Hospital, dan Primaya Hospital. 
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA