Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ponpes Attaqwa Kembali Gelar Pekan Perkemahan, Kali Ini Dipadukan dengan Bahasa Arab

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 23 September 2021, 12:49 WIB
Ponpes Attaqwa Kembali Gelar Pekan Perkemahan, Kali Ini Dipadukan dengan Bahasa Arab
Peserta pekan perkemahan Attaqwa Scout and Arabic Camp (ASAC) 2021/Ist
Pekan perkemahan Attaqwa Scout and Arabic Camp (ASAC) 2021 resmi dibuka di Plaza Masjid Jami’ Attaqwa, Bekasi, pada hari ini, Kamis (23/9).

Agenda tahunan dari Pondok Pesantren Attaqwa Putra yang didirikan Pahlawan Nasional asal Bekasi, KH. Noer Ali ini akan berlangsung selama 3 hari, yakni dari dari tanggal 23 hingga 25 September 2021. Istimewanya, pekan perkemahan ini dipadu sekaligus dengan perkemahan bahasa Arab.

Pimpinan Pondok sekaligus Kak Mabigus Pondok Pesantren Attaqwa Putra, KH. Husnul Amal Mas’ud menjelaskan bahwa terobosan memadukan perkemahan pramuka dan bahasa Arab ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas kepanduan para santri.

“Sekaligus kemahiran dan kecintaan mereka dengan bahasa Arab,” ujarnya saat memberi sambutan.

Ketua Panitia Pengarah (SC) perkemahan, Ka Ust. H. Ahmad Haitami mengurai bahwa ajang ini akan dibuat lebih menarik. Sebab ada tiga unsur pembinaan dalam rangkaian acara dan lomba-lomba yang digelar selama 3 hari ke depan.

Tiga unsur yang dimaksud adalah kepramukaan seperti pioneering, semaphore dan baris berbaris, lalu perlombaan bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran qiroah (reading) istima' (listening), imla wa insya (writing), khitobah (speaking), juga permainan edukasi (fun games).

“Sebagai informasi, apel pembukaan ASAC 2021 diisi oleh para santri yang bertugas dengan menggunakan bahasa Arab,” sambungnya.

Lebih lanjut Ahmad Haitami bersyukur karena acara ini bisa terlaksana setelah sempat vakum sejak pandemi masuk Indonesia pada Maret 2020.

Dia memastikan seluruh rangkaian kegiatan dilakukan secara terbatas di lingkungan Pondok Pesantren dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta terpenuhinya syarat herd immunity setelah dilaksanakannya vaksinasi guru dan santri Pondok Pesantren Attaqwa Putra.

Acara pembukaan turut dihadiri oleh Dewan Pengawas Yayasan Attaqwa Pusat, KH. Ahmad Masilla Iskan, Direktur Ma'had Aly Attaqwa, KH. M. Natsir, Majlis Pembimbing Gugus Depan Lengkap 02-215 �" 02-216 Pondok Pesantren Attaqwa, serta para Pembina Gudep dan Pembina Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega serta Dewan Guru Pondok Pesantren Attaqwa Putra.

ARTIKEL LAINNYA