Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Disiplin Protokol Kesehatan PON XX Papua, BNPB Kirim Bantuan Tiga Juta Masker

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 22 September 2021, 16:32 WIB
Perkuat Disiplin Protokol Kesehatan PON XX Papua, BNPB Kirim Bantuan Tiga Juta Masker
Logistik protokol kesehatan yang dikirim BNPB atau Satgas Penanganan Covid-19 ke Papua untuk acara PON XX/Repro
rmol news logo Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang diselenggarakan dalam suasana pandemi akan ikut diantisipasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 agar tidak terjadi penularan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Salah satu upaya yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 yang secara kelembagaan dikoordinir Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah dengan mendukung penguatan penerapan protokol kesehatan.

Bentuk dari upaya penguatan protokol kesehatan adalah dengan pengiriman bantuan logistik berupa masker dan peralatan pendukung lainnya sebelum berlangsungnya kompetisi tertinggi para atlet berbagai cabang olaraga di Tanah Air.

Melalui keterangan tertulisnya, BNPB menginformasikan pengiriman sejumlah bantuan logistik melalui pesawat Hercules TNI menuju beberapa tempat penyelenggaraan PON XX di Papua yang digelar pada awal Oktober 2021 nanti.

DIsebutkan, sebanyak tiga juta masker dialokasikan kepada masyarakat maupun mereka yang akan menyaksikan pertandingan PON XX Papua  secara langsung.

Di sisi lain, BNPB mengoperasionalkan mobil masker untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas. Selain masker, bantuan lain juga diberikan BNPB untuk memastikan keamanan di tengah pandemi, seperti antigen 3.000 boks dan hand-sanitizer 500 ribu botol.

Pada pelaksanaan di lapangan, BNPB bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional dan daerah serta mitra terkait lain di wilayah Papua membantu dalam pendistribusian logistik tersebut.

Tak hanya itu, mereka juga menyiapkan maupun melatih para relawan daerah untuk mengedukasi maupun memonitor masyarakat untuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

Dalam rapat koordinasi BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Kepala BNPB yang sekaligus Ketua Satgas Nasional, Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, menekankan tujuan dukungan mereka yaitu pertama mendukung kelancaran penyelenggaraan PON XX di Papua.

Kedua, meningkatkan kesiapan setiap individu yang terlibat, dalam menghadapi ancaman bencana selama penyelenggaraan PON XX. BNPB dan BPBD di daerah telah bersiaga untuk mengantisipasi potensi bahaya yang terkait dengan bencana alam.

BNPB juga telah berkoordinasi dengan BPBD dalam kesiapan personel untuk mendukung kesiapsiagaan, seperti memastikan adanya tanda jalur evakuasi aman dari Covid-19 atau titik kumpul.

"Meningkatkan kesiapan dalam pencegahan dan mitigasi penyebaran Covid-19 melalui perubahan perilaku dan dukungan penanganan kesehatan Covid-19,” ujar Ganip pada tujuan ketiga, saat rapat koordinasi, Rabu lalu (15/9).

Hingga hari ini, Rabu (22/9), sebagian bantuan logistik telah tiba di Papua. Pendistribusian bantuan akan diberikan kepada wilayah-wilayah tempat penyelenggaraan PON XX, seperti di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupatan Mimika dan Kabupaten Merauke.

BNPB juga mengirimkan logistik berupa tenda keluarga, velbed, tenda gerai dan beberapa bantuan logistik pendukung.

PON yang digelar tahun ini akan menggelar kompetisi 37 cabang olahraga dengan melibatkan lebih dari 6.000 atlet dan 3.000 orang dari tim pelatih.

Tempat penyelenggaraan utama akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe di Sentani Timur di Jayapura. PON XX akan berlangsung pada 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA