Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sejarah Baru, Eksibisi Esport di PON Papua Resmi Dibuka Sandiaga Uno

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 21 September 2021, 23:57 WIB
Sejarah Baru, Eksibisi Esport di PON Papua Resmi Dibuka Sandiaga Uno
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno/Ist
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, membuka pertandingan eksibisi Esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Sandiaga Uno yang juga sebagai Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menyampaikan, pemerintah saat ini terus mendorong kontribusi ekonomi digital untuk terus berkembang.

"Bayangkan saja, industri games merupakan merupakan peluang usaha yang potensial untuk ke depan," ujar Sandiaga di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Jayapura, Papua, Selasa (21/9).

"Kami di Kemenparekraf mencatat revenue industri games di 2019 mencapai 1,3 miliar dolar dan naik 33 persen dalam satu tahun di tahun 2020 menjadi 1,8 miliar dolar," sambungnya.

Sandiaga menjelaskan, tahun 2021 merupakan pertama kalinya Esports masuk menjadi salah satu dari 11 cabang olahraga eksibisi. Sehingga, menjadi kesempatan bagi para atlet untuk mempertunjukkan kemampuan mereka.

"Pelaksanaan Esports ini dapat memberikan kesempatan bagi para pecinta olahraga untuk bertanding dan membawa nama besar nama daerah masing-masing di empat lategori permainan," terangnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini juga memastikan PON XX di Papua bisa disaksikan penonton. Namun, maksimal jumlah penonton hanya 25 persen dari kapasitas venue serta harus sudah divaksin dua kali.

"Pada acara yang luar biasa ini, Bapak Presiden RI baru saja memberikan izin agar pelaksanaan PON XX Papua digelar dengan kehadiran penonton, Alhamdulillah. Namun dibatasi dengan pembatasan 25 persen dan vaksin menjadi syarat utama," katanya.

Sandiaga berharap, ajang PON XX ini menjadi sarana para atlet untuk mempersiapkan diri ikut turnamen internasional mewakili Indonesia.

Dia optimistis, ajang ini bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dalam memajukan Indonesia.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA