Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dukung PSN Ketenagalistrikan, Hj Rizayati akan Bangun PLTS di Kaltim

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 21 September 2021, 22:21 WIB
Dukung PSN Ketenagalistrikan, Hj Rizayati akan Bangun PLTS di Kaltim
PT Imza Rizky Jaya (IRJ) saat melakukan pertemuan dengan Pemda setempat/Ist
Hj Rizayati merencanakan akan membangun Solar Powerplant atau PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya ) Di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Presiden Direktur PT. Imza Rizky Jaya (IRJ) ini menegaskan, upaya tersebut merupakan bentuk sinergitas dan mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) 2021 Ketenagalistrikan era Pemerintahan Joko Widodo–Maruf Amin.

“Pemerintah Kutai Kartanegara, sangat merespon dan sangat mengharapkan project pembangunan PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya bisa segera terealisasi dengan cepat di Kalimantan Timur, khususnya wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara,” ungkap Hj Rizayati dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9).

General Manager PT IRJ Sayid Fadhil yang mewakili perusahaan mengatakan, dirinya telah melakukan survei untuk meninjau lahan area yang rencananya akan dibangun Solar Powerplant, tepatnya di Kecamatan Samboja–Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain melakukan survei, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemda dan DPRD setempat.

Sayid menjelaskan, project ini merupakan kerjasama PT IRJ dengan perusahaan asal Korea, JS.Power Co,Ltd, Park Choon Ho. untuk pembangunan Power Plant (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di berbagai wilayah di Indonesia. Sebagai langkah awal, Provinsi Kalimatan Timur menjadi pilot project.

"Alhamdulillah, lahan yang sudah ada cukup luas yaitu mencapai ratusan hektar dan sudah sangat cocok untuk kita bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Insya Allah project ini bisa terealisasi dengan cepat sesuai harapan Pemkab setempat,” terang Sayid Fadhil.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Kota Balikpapan H Sabaruddin sangat mengapresiasi dan menyambut baik rencana pembangunan Solar Powerplant ini.

“Kutai Kartanegara adalah lokasi strategis untuk didirikan PLTS,  karena merupakan Kota penyangga,” terang Sabarudin, saat rapat bersama PT IRJ.

Rapat pembangunan PLTS itu sendiri dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara, H.M. Alif Turidi, dan dihadiri oleh pihak Muspida dan unsur Forkopimda Kutai Kartanegara.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA