Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diguyur Hujan 4 Jam, Dua Kecamatan di Lebak Kebanjiran

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 14 September 2021, 10:10 WIB
Diguyur Hujan 4 Jam, Dua Kecamatan di Lebak Kebanjiran
Puluhan warga Lebak mengungsi di Mushala At-Taubah, Barangbang usai dilanda banjir pada Senin malam (13/9)/Ist
Dua kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten kebanjiran pada Senin malam (13/9). Dilaporkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir terjadi di Kecamatan Rangkasbitung dan Cibadak.

"Hujan berintensitas tinggi dan berdurasi panjang menjadi salah satu pemicu banjir dua kecamatan di Kabupaten Lebak. Tidak ada laporan korban jiwa akibat banjir tersebut," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Selasa (14/9).

Dua wilayah tersebut digujur hujan selama empat jam. Kondisi ini diperparah dengan buruknya drainase yang ada di pemukiman tersebut. Tercatat, ketinggian muka air sekitar 50 hingga 100 cm.

Catatan sementara, 614 KK terdampak banjir yang melanda beberapa kampung di dua kecamatan tersebut. 62 warga mengungsi di tempat ibadah Mushala At-Taubah, Barangbang.

Adapun kampung terdampak yang berlokasi di Kecamatan Rangkasbitung, yaitu Kampung Barangbang, Kompleks Pendidikan, BTN Depag dan BTN Palaton (Kelurahan Muara Ciujung Timur), Cimesir (Desa Rangkasbitung Timur), Dukuh dan Sentral (Kelurahan Rangkasbitung Barat), Babakan Sepur dan Anyar (Desa Jatimulya).

Sedangkan di Kecamatan Cibadak yaitu Kampung Neglasari dan Rancasema (Desa Kaduagung Timur) dan Kampung Pasir Kaloncing dan BTN Mandala (Desa Kaduagung Tengah).

BPBD juga menginformasikan pos pantau di Jembatan Keong mencatat tinggi muka air 525 cm, dengan debit air sekitar 549 m3 per detik. Kondisi tersebut mengindikasikan status "Awas".
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA