Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tak Terpantau Radar, Bakamla Temukan Ratusan hingga Ribuan Kapal Vietnam dan China Masuk Laut Natuna Utara

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 13 September 2021, 21:37 WIB
Tak Terpantau Radar, Bakamla Temukan Ratusan hingga Ribuan Kapal Vietnam dan China Masuk Laut Natuna Utara
Ilustrasi kapal China masuk Indonesia/Net
Teritori lautan Indonesia lagi-lagi kemasukan kapal asing milik negara tetangga Vietnam dan China. Mirisnya, jumlah kapal yang masuk tidak bisa dihitung jari.

Kabar ini disampaikan Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksda S. Irawan, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/9).

Dalam pemaparannya, Irawan menerangkan bahwa pihaknya tak mendeteksi radar dari kapal-kapal asing yang masuk di Perairan Natuna Utara, tepatnya dekat Laut China Selatan. Melainkan, ditemukan dengan menggunakan penglihatan jarak jauh rombongan kapal dari dua negara tetangga Indonesia tersebut.

"Begitu dilihat kasat mata ataupun langsung pengamatan udara, itu bahkan sampai ratusan, mungkin ribuan kapal yang ada di sana," ujar Irawan dihadapan legislator.

Hingga hari ini, Irawan menyebutkan radar Bakamla menemukan sekitar enam kapal Vietnam dan satu kapal milik China di perairan Natuna Utara dekat laut China Selatan.

"Termasuk kapal-kapal coast guard China," imbuhnya.

Karena itu dalam kesempatan yang sama Irawan mengungkap kondisi terkini Bakamla yang diakuinya masih memiliki sejumlah hambatan. Di mana salah satunya masih belum memiliki armada pemantauan udara, sehingga harus berkoordinasi dnegan TNI Angkatan Laut (AL) untuk meminjam armada.

"Khususnya wilayah Natuna Utara ini, kami ke Kogabwilhan I dan TNI AU untuk kita melaksanakan kerja sama pemantauan udara," demikian Irawan.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA