Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Covid Melandai di Jawa-Bali, Luhut: Tapi Kecepatan Vaksinasi Masih Tertinggal

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 13 September 2021, 21:30 WIB
Covid Melandai di Jawa-Bali, Luhut: Tapi Kecepatan Vaksinasi Masih Tertinggal
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Pemerintah tak menyangka bahwa sejumlah wilayah di Pulau Jawa dan Bali mengalami penurunan kasus positif pandemi covid-19 yang cukup drastis.

Hal ini disampaikan Koordinator PPKM Pulau Jawa dan Bali Luhut Binsar Panjaitan dalam jumpa per terkait update PPKM secara virtual, bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin malam (13/9).

“Situasi Covid19 yang membaik begitu cepat di Jawa Bali, menyebabkan penurunan level PPKM yang lebih cepat dibandingkan perkiraan kita,” ujar Luhut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini menambahkan meski angka penurunan kasus aktif mengalami penurunan. Namun, di sisi lain kecepatan vaksinasi dan implementasi aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol Kesehatan masih tertinggal.

“Penurunan level PPKM di berbagai kota menyebabkan banyak euphoria dari masyarakat yang tidak disertai dengan implementasi protocol Kesehatan dan penggunaan peduli lindungi,” katanya.

Dia menambahkan bahwa kendornya penerapan protokol Kesehatan di tengah masyarakat cukup berbahaya karena dapat mengundang gelombang berikutnya dari Covid-19.

“Ingat yang lalu kita kena Covid-19 varian Alpha sekarang kita menghadapi varian Delta ini dahsyat,” tandasnya.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA