Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Over Kapasitas, Mahfud MD Janji Pemerintah akan Bangun Lapas Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 08 September 2021, 18:42 WIB
Over Kapasitas, Mahfud MD Janji Pemerintah akan Bangun Lapas Baru
Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan keterangan pers di Lapas Kelas 1 Tangerang/RMOL
rmol news logo Over kapasitas yang menjadi persoalan klasik Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) turut menjadi perhatian Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD

Berangkat dari kasus kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang, Mahfud berjanji akan membuat Lapas baru agar tidak mencapai over kapasitas, sehingga kebakaran memakan banyak korban.  

"Hunian penjara kita sudah over kapasitas untuk kami sedang mendiskusikan sebelum kesini sudah bicara dengan Menkumham betapa lapas tidak kondusif," kata Mahfud saat meninjau Lapas Kelas 1 Tangerang, Rabu (8/9).

Mahfud pun menyoal soal berlebihnya kapasitas Lapas ini sudah diketahui sejak tahun 2004 ketika Ia masih menjabat sebagai Anggota DPR.

"Over kapasistas sejak 2004 saat jadi anggota DPR keliling Indonesia saya melihat Lapas-Lapas kita penuh 1 kamar tidak begitu luas bisa isi 20 sampai 30 orang, di Pasuruan isinya 1 kamar 40 orang itu semua narkoba," kata Mahfud.

Dari sini, Mahfud berjanji dalam jangka panjang untuk membangun Lapas agar tidak sampai over kapasitas lagi.

"Ada hal yang dibicarakan sama Menkumham, membangun segera pembangunan Lapas-Lapas karena sudah over kapasitas sejak 2004," kata Mahfud.

Senada dengan Mahfud, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menduga kebakaran terjadi karena adanya korsleting listrik di bangunan Lapas. Adapun kondisi Lapas Klas 1 Tangerang sudah cukup tua dan melebihi kapasitas tampung bagi para warga binaan.

Sebanyak 41 orang Warga Binaan Permasyarakatan (WBT) atau narapidana meninggal dunia akibat kebakaran yang terjadi di Blok C Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten, Rabu dini hari. 

"Korban yang kami temukan yang selamat 81, yang meninggal 40 di tempat, satu meninggal saat on the way ke rumah sakit," kata Yasonna kepada wartawan di Lapas Kelas 1 Tangerang.

Untuk korban meninggal langsung dibawa ke RS Polri Kramat Jati, sementara yang luka-luka masih mendapat perawatan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA