Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Yasonna Laoly Bentuk Lima Tim Penanganan Pasca Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 08 September 2021, 14:12 WIB
Yasonna Laoly Bentuk Lima Tim Penanganan Pasca Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang
Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna Laoly saat memberi keterangan pers di Lapas Klas 1 Tangerang, Banten, Rabu siang (8/9)/RMOLJakarta
Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna Laoly membentuk lima tim dalam penanganan pasca kebakaran yang terjadi di Blok C, Lapas Kelas I Tangerang, Banten

"Dalam penangana kami bentuk 5 tim dipimpin Dirjen PAS Pak Reinhard Silitonga," kata Yasona di Lapas Kelas I Tangerang, Rabu siang (8/9).

Tim pertama bertugas mengidentifikasi dan bekerja sama dengan inavis Polri untuk identifikais jenazah dan tim ini dipimpin oleh Direktur Binapi.

"Tim dua bertugas pemulasaran pemakaman, pengantaran jenazah. Tentu setelah tim satu bekerja," kata Yasonna.

Tim berikutnya, tim ketiga bertugas membantu pemulihan pihak keluarga.

"Kami akan menemui keluarga menyampaikan rasa duka dan hal-hal yang diperlukan untuk itu. Kami menyiapkan uang duka. Nanti kita harapkan tabah, ini cobaan kami hadapi bersama, tidak ada yang menginginkan hal ini," kata Yasonna.

Adapun tim tiga dipimpin langsung oleh dua orang direktur, yakni Direktur TI dan kerja sama serta Direktur Binkemas.

Lanjut, untuk tim ke empat beetugas melakukan koordinasi dengan stakeholders, koordinasi dengan Polri, Pemda, TNI dan segala dinas terkait.

Terakhir, Tim ke lima berupa humas terkait dengan publikasi yang satu sumber agar efektif dan efisien.

"Humas agar beritanya satu pintu. Jadi satu pintu saja supaya kami memperoleh informasi yang lebih pas, tidak berspekulasi," ucap Yasonna.

Sebanyak 41 orang Warga Binaan Permasyarakatan (WBT) atau narapidana meninggal dunia akibat kebakaran yang terjadi di Blok C Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten, Rabu dini hari tadi.

Jumlah korban jiwa ini turut dikonfirmasi oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly usai meninjau lokasi kebakaran. 

"Korban yang kami temukan yang selamat 81, yang meninggal 40 di tempat, satu meninggal saat on the way ke rumah sakit," kata Yasonna kepada wartawan di lokasi, Rabu.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA