Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vaksinasi Disabilitas, IKA Unpad Targetkan 20 Ribu Dosis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 06 September 2021, 18:16 WIB
Vaksinasi Disabilitas, IKA Unpad Targetkan 20 Ribu Dosis
Vaksinasi Covid-19 yang digelar IKA Unpad kepada penyandang disabilitas di Jawa Barat/Ist
rmol news logo Vaksinasi massal untuk penyandang disabilitas kembali digelar Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran (IKA Unpad).

Kali ini, IKA Unpad menggelar vaksinasi di Kabupaten Bandung, Kota Bekasi, dan Kabupaten Cimahi pada 5, 6, dan 7 September 2021 dan berhasil memvaksin 2.000 disabilitas dan pendamping serta keluarga.

"Kegiatan ini merupakan pelaksanaan misi pengabdian masyarakat, IKA Unpad bekerja sama dengan IKA FK Unpad membantu percepatan vaksinasi terhadap penyangga disabilitas di Jawa Barat," kata Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan, Senin (6/9).

Anggota Dewan Pakar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) ini menambahkan, sebanyak 20 kota dan kabupaten di Jawa Barat dikumpulkan untuk melakukan vaksinasi massal terhadap penyandang disabilitas dengan target sasaran 20 ribu tervaksinasi hingga bulan September.

"Strategi vaksinasi masal sangat penting untuk penambahan penyerapan vaksinasi terhadap penyandang disabilitas secara kuantitatif," lanjutnya.

Vaksinasi penyandang disabilitas diakuinya memiliki tantangan tersendiri, mulai dari pengumpulan sasaran yang tersebar, sehingga diperlukan adanya penjemputan. Pengumpulan biasanya dilakukan melalui kerja sama dengan sekolah luar biasa (SLB) dan komunitas.

Mereka akan mengoordinator akseptor untuk kemudian diadakan penjemputan ke tempat vaksinasi. Selain itu penanganan akseptor disabilitas juga memerlukan penanganan tersendiri, dan prosentasi gagal vaksin biasanya lebih besar dari akseptor umum.

Saat ini Sentra Vaksinasi Disabilitas IKA Unpad sudah menyalurkan 8000 dosis, dan dalam waktu dekan akan kembali mengadakan vaksinasi di Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Karawang dan Kota Bandung.

Vaksinasi pertama diharapkan akan tuntas di tanggal 9 September, dengan target 10.000 akseptor, tinggal kemudian 10 ribu dosis lagi akan disuntikan pada vaksinasi ke-2 di akhir bulan September. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA