Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Pertama Belajar Tatap Muka, Bupati Bekasi Minta Siswa Taat Prokes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 06 September 2021, 11:33 WIB
Hari Pertama Belajar Tatap Muka, Bupati Bekasi Minta Siswa Taat Prokes
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meninjau PTMT di SMPN 01 Tambun Selatan/RMOLJabar
rmol news logo Pemerintah Kabupaten Bekasi secara resmi mulai melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), Senin (6/9).

Di hari pertama, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan melakukan peninjau di SMPN 01 Tambun Selatan. Dalam kunjungannya tersebut, ia memberikan imbauan agar para siswa menjaga prokes secara ketat.

"PTMT memang keputusan yang sangat dilematis menghadapi pandemi ini. Di satu sisi, protokol kesehatan menganjurkan semakin kecil mobilitas dan interaksi, semakin aman dari kemungkinan penularan pandemi," kata Dani Ramdan diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, Senin (6/9).

Namun selain kesehatan, terdapat sektor ekonomi dan sosial yang tak kalah penting untuk dilakukan demi kelangsungan pendidikan anak-anak.

"Oleh karena itu, kita mengambil jalan tengah yang lebih moderat. Di satu sisi protokol kesehatan dijalankan, di sisi lain kehidupan ekonomi dan sosial tetap berjalan," ujarnya.

Meski begitu, Ramdan memastikan bahwa penyelenggaraan PTMT dilakukan secara berhati-hati dengan memenuhi pemeriksaan yang ketat.

"Pertama kapasitas kelas hanya 50 persen supaya murid selama di kelas tetap menjaga jarak. Kedua selama di sekolah tidak boleh lepas masker, cuci tangan harus dilengkapi, toilet harus bersih, kelas harus bersih," tutur Ramdan.

Dinas Pendidikan telah menyeleksi sekolah-sekolah yang diperbolehkan menggelar PTMT. Hasilnya, dari 2.835 sekolah PAUD, SD, SMP neger dan swasta, terdapat 29 sekolah yang tak memenuhi syarat.

"Jadi tidak semua sekolah bisa kami luluskan untuk bisa tatap muka, yang tidak lulus ada 29 sekolah, karena itu tadi, fasilitasnya belum siap. Ada 95 persen yang boleh PTMT, yang belum lulus mayoritas swasta kalau negeri umumnya sudah memenuhi syarat dan bisa PTM," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA