Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bangkitkan UMKM Sektor Parekraf, Workshop KaTa Kreatif Digelar di 36 Daerah

LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Minggu, 05 September 2021, 23:26 WIB
Bangkitkan UMKM Sektor Parekraf, Workshop KaTa Kreatif Digelar di 36 Daerah
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno./Dok
Dalam upaya memberdayakan para pelaku UMKM yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar workshop Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif).

Program ini dilaksanakan di 36 kabupaten dan kota di Indonesia. KaTa Kreatif bertujuan mendorong pengembangan potensi pelaku ekonomi kreatif untuk memunculkan ikon-ikon wisata baru di wilayah tersebut.

Berdasarkan data Kemenparekraf, dari 60 juta pelaku UMKM di Indonesia, 70% di antaranya atau sekitar 42 juta adalah pelaku UMKM yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Ini merupakan suatu bentuk pendekatan 360 derajat, di mana kita memberikan ekosistem atau jejaring agar UMKM kreatif ini bisa bangkit dan berkembang. Itu yang menjadi sasaran kita," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam Workshop KaTa Kreatif di Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Bicara tentang potensi Jakarta, Sandiaga mengatakan, Ibukota mempunyai potensi ikon wisata baru yang cukup banyak untuk dikembangkan.

Wilayah Jakarta Utara, misalnya. Keberadaannya yang berdekatan dengan pantai dan Kepulauan Seribu punya potensi besar untuk dikembangkan menjadi kawasan pariwisata kemaritiman. Melalui workshop ini diharapkan, dari wilayah ibukota bagian pesisir itu bisa muncul ikon-ikon baru pariwisata selain yang sudah ada saat ini.

"Kami akan mendorong potensi-potensi ini untuk menjadi ikon baru di wilayahnya," tegas Sandiaga.

ARTIKEL LAINNYA