Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tingkatkan Kemampuan Perangkat Desa, Parade Nusantara Gandeng UBK

LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Sabtu, 04 September 2021, 11:55 WIB
Untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam menjalankan tugas melayani masyarakat, Persatuan Rakyat Nusantara (Parade Nusantara) menggandeng Universitas Bung Karno (UBK).

Dalam memorandum kesepahaman yang ditandatangani kedua belah pihak hari Jumat kemarin (3/9), disebutkan bahwa Parade Nusantara akan mendorong perangkat desa dan masyarakat desa di Indonesia untuk mengikuti pendidikan di UBK untuk semua program studi, baik S-1 maupun S-2.

MoU ditandatangani Rektor UBK Dr. Didik Suhariyanto dan Ketua Umum Parade Nusantara Sudir Santoso di Gumaya Tower Hotel, Semarang, Jawa Tengah.

Prosesi penandatanganan MoU turut disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) M. Marhaendraputra, dan Bendahara YPS Michelle. Juga hadir dalam kesempatan itu Wakil Rektor UBK Rinaldi Agusta.

Dengan mengikuti pendidikan di UBK, perangkat desa khususnya diyakini akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, yang dibutuhkan dalam menopang kinerja.

Dalam keterangan yang diterima redaksi, disebutkan, Prodi Ilmu Politik di UBK, misalnya, memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi perangkat desa mengenai sistem politik dan pengelolaan administrasi pemerintahan yang baik. Sementara Prodi Ilmu Komunikasi  dapat meningkatkan kemampuan komunikasi politik perangkat desa.

Adapaun untuk meningkatkan kemampuan manajemen keuangan desa, perangkat desa dapat mengikuti Prodi Manajemen maupun Prodi Akuntansi.

Begitu juga untuk meningkatkan kemampuan digitalisasi, perangkat desa dapat mengikuti pendidikan di Prodi Sistem Komputer maupun Prodi Sistem Informatika.

Pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan pembangunan sarana dan prasarana desa dapat dimiliki dengan mengikuti pendidikan di Prodi Teknik Sipil, Prodi Arsitek, Prodi Elektro atau Prodi Mesin.

“Tentu saja penguasaan hukum sangat diperlukan bagi perangkat desa maupun masyarakat desa. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti Prodi Ilmu Hukum. Bahkan untuk meningkatkan kemampuan lanjutan, dapat mengikuti Prodi Magister Hukum,” tulis keterangan tersebut.

Dalam kerjasama ini juga diharapkan peningkatan wawasan kebangsaan perangkat dan masyarakat melalui pemahaman Ajaran Bung Karno  yang merupakan matakuliah muatan lokal UBK. Matakuliah ini diharapkan mampu meningkatkan semangat nasionalisme dan wawasan kebangsaan secara utuh.

“Semoga semua bisa terwujud, dan segenap civitas akademika UBK siap menyambut dan juga mampu melaksanakan dengan memberikan pelayanan pendidikan dengan sangat baik,” demikian keterangan tersebut.

ARTIKEL LAINNYA