Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Viral Masjid Ahmadiyah Sintang Dirusak dan Dibakar Massa, Ada Polisi dan TNI

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 03 September 2021, 15:45 WIB
Bangunan masjid jemaah Ahmadiyah di Sintang, Kalimantan Barat dirusak massa pada Jumat (3/9).

Dalam video yang beredar di media sosial, perusakan masjid itu berlokasi di Desa Balai Harapan, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang. Bahkan tak hanya dirusak, masjid milik Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) ini juga dibakar.

"Mana jaminannya, astaghfirullah. Mulut saja jaminannya. Ya ampun," ujar salah seorang dalam video yang beredar di media sosial, Jumat (3/9).

Sembari istighfar dan meluapkan kekesalan, salah seorang dalam video itu mengaku bahwa masjid tersebut dibangun dengan susah payah.

"Bapak saya bangun sampai sakit pinggang, dihancurkan begitu saja," lanjutnya.

Mirisnya, aksi perusakan tersebut turut disaksikan oleh aparat keamanan berseragam Polri dan TNI. Salah seorang anggota pun terdengar menenangkan warga.

"Udah, udah, tenang. Marah-marah tapi udah, tenang," ujar salah seorang aparat menenangkan warga yang diduga jemaah Ahmadiyah.

Dikutip dari berbagai sumber, operasional tempat ibadah permanen milik JAI itu memang telah dihentikan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang. Hal tersebut dikonfirmasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang, Kurniawan.

"Penghentian aktivitas operasional bangunan tempat ibadah secara permanen milik JAI di Desa Balai Harapan, Kecamatan Tempunak selain berdasarkan dari surat Bupati Sintang, juga atas arahan bapak Gubernur Kalimantan Barat," ujar Kurniawan dalam keterangan tertulisnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA