Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Arab Saudi Cabut Larangan Terbang Langsung, KJRI: Tapi Belum Ada Kebijakan Baru Soal Jemaah Umroh

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 26 Agustus 2021, 14:58 WIB
Arab Saudi Cabut Larangan Terbang Langsung, KJRI: Tapi Belum Ada Kebijakan Baru Soal Jemaah Umroh
Ilustrasi ibadah haji di tanah suci Mekkah, Arab Saudi/Net
Kebijakan pelaksanaan umroh bagi Warga Negara Indonesia (WNI) belum juga diputuskan  Pemerintah Arab Saudi, meski larangan terbang langsung dari sejumlah negara yang sebelumnya terkena suspend sudah dicabut.

Hal itu dikonfirmasi Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, yang menyatakan hingga hari ini Pemerintah Arab Saudi belum mengeluarkan kebijakan baru soal jemaah umrah Indonesia.

"Belum ada kebijakan baru dari Arab Saudi terkait jemaah umrah Indonesia," ujar Endang dikutip melalui laman Kementerian Agama, Kamis (26/8).

Terkait kebijakan baru Arab Saudi yang mencabut larangan terbang langsung bagi negara yang di-suspend, Endang meneangkan bahwa hal itu hanya diberlakukan bagi warga neagra asing termasuk WNI yang memiliki izin tinggal atau resident permit di Saudi.

Namun, Endang menyebutkan sejumlah syarat yang cukup ketat bagi warga negara asing yang memiliki izin tinggal untuk masuk Arab Saudi.

Yaitu di antaranya, warga ekspatriat harus sudah vaksin lengkap (dua dosis) dari jenis vaksin yang diakui Saudi; aksin tersebut diperoleh di Saudi sebelum warga asing tersebut pulang ke negaranya; dan pada saat tiba di Saudi, mereka harus menjalankan prorokol kesehatan yang ditetapkan Saudi.

"Jadi belum ada kebijakan baru yang terkait jemaah umroh Indonesia," tandas Endang.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA