Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dinas Pariwisata Lampung Jelaskan Makna Baju Adat Pepadun yang Dipakai Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 18 Agustus 2021, 06:04 WIB
Dinas Pariwisata Lampung Jelaskan Makna Baju Adat Pepadun yang Dipakai Jokowi
Presiden Joko Widodo bersama Istri, berfoto bersama Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Vera Mulyadi (paling kanan)/Ist
rmol news logo Dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Presiden Joko Widodo mengenakan Pepadun, baju adat Lampung.   

Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Vera Mulyadi menjelaskan baju yang dikenakan Presiden Jokowi adalah baju adat yang biasanya dipakai oleh penyimbang adat.

"Baju lengan panjang dan celana panjang putih, kalau difilosofikan artinya kesucian dan menjunjung tinggi kejujuran dalam kehidupan sehari hari, dan warna putih melambangkan warna tertinggi dalam prosesi adat Lampung," kata Vera Mulyadi kepada Kantor Berita RMOLLampung.

Baju itu dilengkapi dengan sarung tumpal berwarna merah dan emas serta bermotif pucuk rebung yang menggambarkan keagungan, dan menandakan jika sudah menikah.

"Posisi kain di bawah lutut, melambangkan kebijaksanaan dalam berfikir dan mengambil keputusan dalam hidup bermasyarakat," ujarnya.

Dikenakan juga kikat (penutupan kepala) atau puyuh meghem dengan hiasan batu kecubung yang merupakan ikon batu yang ada di Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

"Kikat yang dipakai pak Jokowi dengan batu kecubung dari Tanjung Bintang yang membuatnya pak Ansori Djausal. Kikat sendiri melambangkan sebagai pemimpin yang melindungi rakyatnya," jelasnya.

Sementara, selendang yang berbentuk bujursangkar disampirkan di bagian pundak hingga menutupi dada, yang memberikan makna kewibawaan seorang pemimpin, dan bulu serti atau ikat pinggang sebagai aksesoris tradisional dari Lampung.

"Proses pengerjaan baju yang dikenakan Presiden Jokowi dikerjakan dalam waktu 6 hari, dan dikerjakan oleh pengrajin asli Lampung. Sebelumnya kemarin kita membawa dua baju yakni Pepadun dan Sai Batin, dan baru tadi malam Presiden memberikan kepastian akan mengenakan baju Pepadun," ujarnya.

Menurutnya, suatu kebanggaan ketika orang nomor satu di Indonesia mengenakan baju adat Lampung Pepadun. Tentunya Gubernur Lampung dan jajaran bangga dengan ini.

"Pastinya terus kita lestarikan, mulai dari arah pengrajinnya, pemakainya pada setiap acara di Provinsi Lampung sendiri, karena di Provinsi Lampung selain Pepadun ada juga pakaian dari Sai Batin," jelasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA