Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Latma Garuda Shield, General Charles A. Flynn: Terima Kasih TNI AD, Kalian Sangat Hebat

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 18 Agustus 2021, 02:41 WIB
Latma Garuda Shield, General Charles A. Flynn: Terima Kasih TNI AD, Kalian Sangat Hebat
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI bersama Commanding General US Army Pasific (USARPAC), General Charles A. Flynn saat pembukaan Latma Garuda Sheild di Puslatpur Martapura, Batu Raja, Sumsel/TNI AD
Commanding General United States Army Pasific (USARPAC), General Charles A. Flynn, mengaku sangat bangga bisa melakukan latihan bersama dengan TNI Angkata Darat dalam program latihan bersama (Latma) Garuda Shield ke-15 tahun 2021.

Ia berpesan kepada tentara Amerika Serikat dan berterima kasih atas perjuangan dan semua hal yang dilakukan untuk mendukung program Garuda Shield.

 “Terima kasih telah menjunjung tinggi seragam yang kalian kenakan dan menjaga nama baik di negara ini selama latihan berlangsung dengan pihak-pihak dan prajurit TNI AD,” kata General Charles A. Flynn saat sambutan pembukaan Latma Garuda Shield yang diunggah di akun Youtube TNI AD, Selasa (17/8).  
  
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada prajurit TNI AD karena telah mendapatkan pengalaman berharga selama berada Indonesia.  
  
“Dan untuk prajurit TNI AD yang berada disini, kalian sangat hebat. Saya tahu betapa berat dan sulitnya latihan yang kalian jalankan. Tapi saya juga tahu kalian sangat professional dan kuat dalam menjalaninya. Kami sangat berterima kasih karena juga mendapat banyak pelajaran berharga dari para prajurit TNI AD. Jenderal, terima kasih atas sambutan yang hangat ini,” tukasnya.  

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa berharap agar kegiatan latihan Garuda Shield menjadi ajang untuk menjalin persahabatan dan membagun hubungan yang baik antara prajurit TNI AD dan tentara Amerika Serikat.   
  
“Jadikan prajurit TNI AD seperti saudara kalian, karena saya ingin mereka mengenal kalian lebih dekat dengan berinteraksi, sehingga berteman dengan baik, dan membangun hubungan, karena itulah hal terpenting yang Saya ingin mereka dapatkan dari latihan ini. Hari ini secara resmi latihan Garuda Shield kita buka dan Saya tidak dapat membayangkan akan ada banyak hal yang dapat dipelajari dalam pelatihan ini,“ kata Andika Perkasa.  

Garuda Shield merupakan program latihan bersama prajurit TNI AD dengan prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat yang berlangsung di Baturaja, Amborawang, dan Makalisung, sepanjang 1-14 Agustus 2021.

Total ada 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 tentara Amerika Serikat yang ikut dalam Latma Garuda Shield ini. Selain itu, latma ini disebut sebagai yang terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer RI dan AS selama ini.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA