Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketum JMSI: Peran Wartawan Menuju Kemerdekaan Republik Indonesia Tidak Bisa Dikatakan Sedikit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 16 Agustus 2021, 17:54 WIB
Ketum JMSI: Peran Wartawan Menuju Kemerdekaan Republik Indonesia Tidak Bisa Dikatakan Sedikit
Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Teguh Santosa saat membuka webinar bertema "Mengawal Kemerdekaan di Ruang Digital", Senin, 16 Agustus/RMOL
rmol news logo Kontribusi wartawan tidak bisa dikatakan sedikit dalam perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Begitu dikatakan Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Teguh Santosa, saat membuka webinar bertema "Mengawal Kemerdekaan di Ruang Digital", Senin (16/8).

Dikatakan Teguh, kemerdekaan Indonesia memang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945. Tetapi proses menumbuhkan kesadaran kebangsaan itu dilakukan jauh sebelum momen bersejarah itu terjadi.

"Beberapa puluh tahun menjelang tahun 1945 itu, semakin intens dan intesitasnya itu dibangun wartawan, penulis, kelompok akademisi dan media," ujar Teguh.

"Mereka inilah yang membantu kita semua pada masa itu untuk menyatukan cerita-cerita mereka yang hidup di bawah kolonial bangsa asing," sambungnya.

Pada momen itu, lanjut pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini, Indonesia bersyukur ada bahasa yang kelak menjadi dasar bahasa nasional yang mempersatukan bangsa.

"Bersyukur kita punya satu lingua franca, bahasa yang digunakan bersama-sama, bahasa Melayu yang masih sederhana ketika itu, yang bisa digunakan siapapun kalangan elit dan pedagang yang bertemu di kota-kota besar baik di Pulau Jawa atau kota lain di luar Jawa," terangnya.

Dengan bahasa sederhana itulah, lanjut CEO RMOL Network ini, kelompok wartawan dan penulis berperan merangkai cerita untuk membangun kesatuan Indonesia.

"Kita ingat ini peranan dari penulis, kaum terdidik, wartawan, media yang membagikan cerita satu sama lain," pungkasnya.

Hadir sebagai pembicara dalam webinar ini ialah Ketua Dewan Kehormatan PWI, Ilham Bintang dan Ahli Hukum Pers, Wina Armada Sukardi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA