Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo: Ada Peran Pers dalam Kemerdekaan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 16 Agustus 2021, 05:13 WIB
Menkominfo: Ada Peran Pers dalam Kemerdekaan Indonesia
Menkominfo Johnny G Plate/Net
rmol news logo Sejak dahulu pada masa pergerakan nasional, pers juga andil dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Pers turut serta melakukan penyadaran nasional masyarakat Indonesia untuk merdeka dari penjajah.

Oleh karena itu, kemerdekaan Indonesia yang kini sudah berusia 76 tahun tidak bisa dipisahkan dengan peran penting pers.

Demikian disampaikan Menkominfo Johnny G Plate dalam diskusi daring bertajuk "Refleksi Kemerdekaan Bangsa dan Kemerdekaan Pers" pada Minggu malam (15/8).

"Bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia yang diproklamasikan 76 tahun lalu tentu tidak terlepas dari peran penting daripada pergerakan insan pers," ujar Plate.

Menurutnya, di era pasca reformasi hingga kini Indonesia sangat mengakui peran pers untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Pers sebagai salah satu pilar demokrasi.

"Di era sekarang pasca pengesahan UU Nomor 40/1999 tentang Pers, Indonesia mengakui peran pers sangat penting untuk kehidupan masyarakat yang demokratis, pers sebagai salah satu pilar demokrasi," kata Plate.

Turut hadir narasumber lain dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Dewan Pers dan Kominfo tersebut yakni Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA