Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meutya Hafid: Peran Pers Penting Saat Melawan Penjajahan Belanda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 16 Agustus 2021, 04:44 WIB
Meutya Hafid: Peran Pers Penting Saat Melawan Penjajahan Belanda
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid/Net
rmol news logo Pers memiliki peran penting dalam pergerakan kemerdekaan nasional Indonesia yang kini genap menginjak usia 76 tahun setelah diproklamasikan oleh para founding fathers.

Demikian disampaikan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dalam diskusi daring bertajuk "Refleksi Kemerdekaan Bangsa dan Kemerdekaan Pers" pada Minggu malam (15/8).

"Peran pers yang sangat luar biasa dalam pergerakan nasional ini," ucap Meutya Hafid.

Menurut politikus Golkar ini, pers memberikan semangat yang luar biasa pula sejak dahulu dimulainya pergerakan nasional dalam melakukan perlawanan terhadap kolonialisme Belanda.

"Dalam pergerakan nasional, pers digunakan sebagai media utama Indonesia dalam melakukan perlawanan terhadap kebijakan Belanda," tuturnya.

Atas dasar itu, Meutya menegaskan bahwa kemerdekaan Republik Indonesia tidak bisa dipisahkan dari peran penting insan pers bersama para founding fathers.

"Gerakan nasionalisme Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan pers, Medan Priyayi sebagai salah satu contoh dll," kata Meutya.

Selan Meutya, turut hadir narasumber lain dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Dewan Pers dan Kominfo tersebut antara lain Menkominfo Johnny G Plate, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA