Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vaksinasi Merdeka Gagasan Kapolda Metro Jaya Bangun Semangat Gotong-royong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 12 Agustus 2021, 22:53 WIB
Vaksinasi Merdeka Gagasan Kapolda Metro Jaya Bangun Semangat Gotong-royong
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran/Net
rmol news logo Vaksinasi Merdeka terbukti ampuh mempercepat kekebalan komunal atau herd immunity di DKI Jakarta. Disamping itu mampu membangun semangat gotong royong untuk sama-sama terlepas dari cengkraman pandemi Covid-19.

Demikian antara lain disampaikan pengamat politik dan kebijakan publik yang juga Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul soal Vaksinasi Merdeka yang digagas oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran ini.

"(Vaksinasi Merdeka) itu ampuh. Buktinya dalam 10 hari 8,6 juta warga yang berada di wilayah DKI Jakarta disuntik vaksin. Ini sinergitas yang baik antar pemangku kepentingan," kata Adib kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/8).

Jumlah tersebut, lanjut Adib, sudah bisa dikatakan telah memenuhi kekebalan komunal (herd immunty) bahkan melebihi standart  Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organisation (WHO) bahwa untuk bisa dikatakan terbentuknya herd immunity haruslah 70 persen warganya sudah divaksin,

"Sementara ini 8,6 juta atau 95,5 persen, sudah melewati herd immunity WHO. Maka tak lain ini cara Kapolda mereduksi imbas Covid. Kalau pandemi segera selesai, maka ekonomi segera naik, stabilitas kamtibmas semakin baik dan terjaga," tandas Adib.

Namun yang lebih patut diapresiasi ialah, Vaksinasi Merdeka ini mampu membangun semangat gotong royong masyarakat. Pasalnya, kata Adib, program tersebut ialah program public private partnership. Maksudnya adalah dalam Vaksinasi merdeka ini mengajak relawan dari berbagai elemen seperti mahasiswa, nakes, non-nakes serta organisasi masyarakat.

"Pak Kapolda mengerti sekali bahwa saat ini diperlukan gotong royong, perlu kerelawanan, perlu kedermawanan agar sama-sama timbul kesadaran kolektif bahwa kita bisa keluar dari pandemi Covid-19," pungkas Adib.

Program Vaksinasi Merdeka ini telah disiapkan sebanyak 997 gerai vaksinasi yang tersebar di 900 RW di seluruh Jadetabek. Adapun persebaran gerai itu di Jakarta, yakni di Jakarta Selatan 120 gerai, Jakarta Utara 113 gerai, Jakarta Timur 204 gerai, Jakarta Barat ada 180 gerai, Jakarta Pusat 44 gerai dan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok ada 4 gerai. Vaksinasi Merdeka dibuka sejak tanggal 1-17 Agustus 2021, yang mana program tersebut sebagai kado ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA