Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Hanya Manusia, Laziz Darul Hikam Bantu Satwa Terdampak Pandemi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 11 Agustus 2021, 19:44 WIB
Tidak Hanya Manusia, Laziz Darul Hikam Bantu Satwa Terdampak Pandemi Covid-19
Ketua Yayasan Lazis Darul Hikam, Sodik Mujahid saat memberi makan pada Satwa/Ist
rmol news logo Pandemi virus corona baru (Covid-19) nyatanya tidak hanya berdampak pada kehidupan sosial manusia. Tetapi, kelompok satwa juga juga memerlukan perhatian yang tidak kalah penting di masa pandemi ini.

Atas dasar itu, Yayasan Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah (Lazis) Darul Hikam terdorong melakukan kegiatan pemeliharaan dan perawatan kucing liar dan pemberian bantuan pakan kepada satwa-satwa di Bandung Zoological Garden (Bazoga), Bandung, Jawa Barat.

Salah satu pengelola Yayasan Darul Hikam, Umar menyampaikan bahwa kucing merupakan hewan yang memiliki nominasi dicintai orang Indonesia yang cukup tinggi.

"Sejauh ini sudah sebanyak 2 ribu lebih kucing yang kita treatment. Mulai dari kita kasih makan, kita selamatkan dari jalanan, dan kita rawat serta dilakukan pembersihan terhadap kucing-kucing liar yang kondisinya memprihatinkan," ujar Umar dalam keterangannya, Rabu (11/8).

Saat ini, kata dia, Laziz Darul Hikam menargetkan untuk membangun sebuah shelter sebagai tempat penangkaran kucing-kucing yang nantinya akan dipelihara.

Sementara, penyaluran bantuan berupa pakan satwa-satwa di kebun binatang Bazoga, dikatakan Umar, realisasi program bantuan ini dilakukan karena keprihatinan atas kondisi kebun, di mana kondisi hewan-hewan yang ada terancam mati kelaparan akibat penerapan PPKM.

"Penyaluran bantuan pakan ini atas keprihatin kita, orang tua murid (Yayasan Lazis Darul Hikam), dan juga masyarakat Bandung terhadap kondisi satwa-satwa di bonbin Bazoga yang terancam mati kelaparan," jelas Umar.

Diakui pengelola Bonbin Bazoga, Aan Sulhan, beberapa paguyuban dan organanisasi pencinta bintang turut menyalurkan bantuan pakan ke Bazoga setelah ada inisitif gerakan dari Laziz Darul Hikam.

"Alhamdulillah bantuan-bantuan ini membuat kami lega, karena artinya di luar sana banyak orang yang peduli dengan kehidupan satwa-satwa di Bazoga. Di tengah kesulitan dan keuangan Bazoga, kami bersyukur dan terimakasih atas bantuan yang sudah diberikan," ujarnya.

Sementara, Ketua Yayasan Lazis Darul Hikam, Sodik Mujahid menyampaikan, program pemberian bantuan pakan satwa bonbin merupakan insiatif yayasan, dengan menapatkan dukungan positif dari para orang tua murid yang bersekolah di Lazis Darul Hikam.

"Jadi program ini kita inisiasi dan alhamdulillah responsnya sangat baik, dari semua pihak terutama dari para orang tua murid," jelas Sodik.

Sejak awal tahun, Lazis Darul Hikam telah menerima bantuan donasi dari 23 ribu donatur. Secara keseluruhan telah terkumpul dana sebesar Rp 1,7 miliar.

Dana tersebut, telah disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan melalui pembagian paket sembako, paket isoman, donasi bagi anak yatim, hingga beasiswa pendidikan kepada anak-anak berprestasi.

Secara total, Lazis Darul Hikam telah menyalurkan bantuan berupa materi dan barang kepada 63 ribu orang yang berhak menerimanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA