Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kota Bandung Masih PPKM Level 4, Kafe dan Resto Mulai Diizinkan Dine In

LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 11 Agustus 2021, 02:57 WIB
Kota Bandung Masih PPKM Level 4, Kafe dan Resto Mulai Diizinkan Dine In
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna/RMOLJabar
Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Bandung hingga 16 Agustus mendatang mulai mendapat kelonggaran.

Dalam aturan terbaru Pemerintah Kota Bandung di masa PPKM Level 4,
kafe dan restoran dapat kembali menggelar pelayanan makan di tempat (dine in).

"Hasil rapat dalam rangka mempersiapkan raperwal menindaklanjuti Inmendagri No 30 tahun 2021 tentang pelaksanaan PPKM level 4, 3, dan 2 pulau Jawa dan Bali," kata Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, di Balai Kota Bandung, Selasa (10/8).

"Maka gambarannya di Kota Bandung, kafe, resto, dan tempat makan boleh dine in," imbuhnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Ema menambahkan, kapasitas dine in tetap dibatasi hanya sebesar 25 persen.

Selain itu, lanjut Ema, pihaknya akan menggelar simulasi operasional mall di Kota Bandung. Setidaknya ada dua Mall yang akan dijadikan tempat simulasi, yaitu Paris Van Java (PVJ) dan Trans Studio Mall.

Pada simulasi tersebut, pihaknya akan melihat kesiapan dari pengelola dalam menyiapkan protokol kesehatan termasuk spot untuk vaksinasi bagi pengunjung yang belum divaksin.

"Aturannya nanti bahwa pegawai dan pengunjung harus sudah vaksin, minimal vaksin pertama itu bagian substansi regulasi. Semoga dipahami kebaikan bersama," ujar Ema.

"Nanti ada vaksinasi di mall, disiapkan Dinkes, di PVJ dan TSM yang jadi prioritas masa uji coba, seminggu ke depan. Semoga tak ada klaster dan akan jadi rolemodel. Mulai besok efektif ujicoba," tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, pihaknya akan menyediakan 500 dosis vaksin. Vaksin tersebut akan dibagi di dua mall yang akan dijadikan tempat ujicoba.

"Pos vaksinasi buat pengunjung dan petugas mall yang belum divaksin, Kami coba 500 vaksin, 250 untuk PVJ dan 250 untuk Trans Studio," jelasnya.

Ahyani memastikan ruang atau pos vaksinasi yang berada di tempat tersebut bukanlah tempat yang menjadi sentra vaksinasi. Menurutnya, pos tersebut hanya dipergunakan untuk mereka yang akan berkunjung ke mall tersebut.

"Jadi bukan pos vaksinasi, tapi hanya bagi pengunjung," tandasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA