Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Dongkrak Potensi Ekonomi UMKM Desa, IKB LSPR Buat Pelatihan Komunikasi Pemasaran Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 05 Agustus 2021, 21:34 WIB
Bantu Dongkrak Potensi Ekonomi UMKM Desa, IKB LSPR Buat Pelatihan Komunikasi Pemasaran Digital
kegiatan LSPR Literasi Desa bertajuk "Komunikasi Pemasaran Usaha dan Jasa melalui Media Sosial pada Kelompok Usaha" di Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis, 5 Agustus/RMOL
rmol news logo Melek teknologi digital, khususnya dalam ranah pemasaran usaha oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), coba dibangun oleh Institut Komunikasi dan Bisnis (IKB) London School Public Relation (LSPR).

Upaya itu dilakukan melalui kegiatan LSPR Literasi Desa bertajuk "Komunikasi Pemasaran Usaha dan Jasa melalui Media Sosial pada Kelompok Usaha" di Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis (5/8).

Kepala Pengabdian Masyarakat LSPR, Rani Chandra Oktaviani menerangkan, program LSPR Literasi Desa merupakan salah satu bentuk kontribusi sekaligus hilirisasi keilmuan dosen dan mahasiswa IKB LSPR dalam memberdayakan masyarakat desa.

"Sedangkan melalui kegiatan pelatihan komunikasi pemasaran dan kewirausahaan yang menggunakan sosial media, diharapkan dapat menjadi pembekalan dan rekomendasi praktis kepada UMKM dalam mengembangkan potensi ekonomi mikro di desa,"ujar Rani dalam keterangan tertulis kepada redaksi, Kamis malam (5/8).

Kepala Desa Tridayasakti, Suwadi Wada menyambut baik kegiatan yang digelar IKB LSPR tersebut. Karena ia menyatakan, di wilayahnya cukup banyak UMKM yang menjadi tonggak penghasilan keluarga dan juga mengurangi pengangguran.

Perhatian pemerintah juga cukup besar terhadap UMKM ini seperti dengan adanya bantuan bagi UMKM terutama yang terdampak di masa Pandemi Covid-19 ini. Sehingga dia sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini,

"Beliau (Suwadi Wada) berharap kegiatan ini dilakukan secara simultan sehingga dapat merubah pola pelaku UMKM di desanya dari model pemasaran tradisional ke model pemasaran modern dengan memanfaatkan digital teknologi informasl seperti sosial media," tambah Rani.

Dalam pelatihan hari ini, Rina menuturkan ada 140 peserta yang hadir dan merupakan gabungan dari para mitra yang memang di bina oleh IKB LSPR Bekasi dari Desa Tridayasakti.

Head of Incubation & Start Up Business LSPR, Dewi Rachmawati mengatakan, pertumbuhan UMKM yang cukup besar terutama di Kabupaten Bekasi merupakan suatu kemajuan yang berarti dan berdampak pada perekonomian yang lebih baik.

Bahkan menurutnya, adanya pandemi Covid-19 mendorong UMKM bertransformasi ke digital platform.

"Untuk itulah LSPR mengadakan webinar kali ini yang mengusung tema Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial yang tidak lain tujuannya untuk mendorong digitalisasi UMKM Indonesia,” tuturnya.

Warek IV IKB LSPR, Lestari menambahkan, pihaknya akan terus mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyrakat di Bekasi, khususnya melalui pelatihan-pelatihan teknis yang bermanfaat bagi para pelaku UMKM

"Penguatan ekonomi masyarakat di wilayah Bekasi akan terus menjadi salah satu perhatian LSPR di tahun-tahun mendatang," tambahnya menutup.

Turut hadir dalam acara IKB LSPR ini Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bekasi Agus Dwi Riyanto mewakili Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna.

Selain itu, turut hadir Kepala Desa Tridayasakti Kecamatan Tambun Selatan, Kecamatan Bekasi, rekan-rekan media, para dosen dan juga mahasiswa IKB LSPR yang sangat antusias ingin berkontribusi aktif dalam kegiatan ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA