Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pastikan Uang 2 Triliun Ada, Kompolnas Sarankan Polisi Periksa Ahli Waris Akidi Tio

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 22:37 WIB
Pastikan Uang 2 Triliun Ada, Kompolnas Sarankan Polisi Periksa Ahli Waris Akidi Tio
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti/Net
Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti meminta agar aparat kepolisian segera melakukan pemeriksaan terhadap ahli waris Almarhum Akidi Tio guna memastikan apakah uang Rp 2 triliun itu ada atau tidak.

"Bahwa uangnya ada atau tidak ada, itu jelas dari situ (pemeriksaan ahli waris)," kata Poengky kepada wartawan di Jakarta, Rabu (4/8).

Disisi lain, ia turut menyayangkan sikap Polda Sumatera Selatan yang tidak memverifikasi terlebih dahulu berbagai hal menyangkut rencana keluarga almarhum Akidi Tio menyumbangkan Rp 2 triliun.

"Saya menyayangkan kurangnya verifikasi dana yang akan didonasikan jadi berbuntut panjang," ujar dia.

Meski demikian, kata Poengky, niat Kapolda Sumsel, Irjen Eko Indra Heri yang mempublikasikan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat merupakan hal yang baik. Namun, jajaran Polda Sumsel seharusnya memverifikasi terlebih dahulu mengenai ketersedian, asal usul, legalitas hingga pengelolaan dana tersebut nantinya.

"Pemberian sumbangan Rp 2 triliun untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Palembang dan Sumatera Selatan tersebut menarik perhatian publik. Ada yang percaya dan tidak percaya dengan besarnya dana tersebut. Makin jadi perhatian publik ketika dana tersebut belum bisa dicairkan hingga saat ini," pungkasnya.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA