Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Walau Pembangunan Belum Rampung, Jakarta International Stadium Sudah Pecahkan 3 Rekor MURI

LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 16:21 WIB
Walau Pembangunan Belum Rampung, Jakarta International Stadium Sudah Pecahkan 3 Rekor MURI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau pembangunan JIS/Net
Jakarta International Stadium yang akan menjadi kandang bagi tim sepakbola kebanggaan ibukota, Persija Jakarta mencatatkan prestasi mengagumkan.

Sebab, meski pembangunan stadion belum rampung 100 persen, JIS sudah memecahkan 3 rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

Pertama adalah rekor pengangkatan struktur atap stadion terberat. Di mana atap stadion ini bobotnya mencapai 3.900 ton.

Rekor kedua, JIS menjadi stadion pertama yang menggunakan sistem atap buka-tutup. Semua stadion di Indonesia selama ini masih berdesain atap terbuka. Termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang dipugar terakhir kali di era Presiden Joko Widodo.

Rekor selanjutnya adalah stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama. JIS memang satu-satunya stadion berstandar FIFA yang dibangun dengan konsep green building pertama di Indonesia.

Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto selaku konstruktor pembangunan Stadion JIS, menegaskan bahwa ketiga rekor itu tidak akan tercipta tanpa keterlibatan semua pihak.

Dia menyampaikan rasa terima kasih, lantaran JIS berhasil memecahkan rekor-rekor yang membanggakan.

"Saya ucapkan terima kasih setiap dukungan, arahan dan bimbingan serta masukan yang telah diberikan," katanya beberapa waktu lalu.

JIS berdiri di atas lahan seluas 221 ribu meter persegi yang berada di Jakarta Utara. Stadion ini ditaksir bisa menampung penonton hingga 82 ribu orang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa pembangunan JIS belum rampung. Dia meminta warga Jakarta mendoakan agar pembangunannya selesai tepat waktu. Targenya, Desember 2021 sudah bisa digelar pertandingan perdana di stadion tersebut.

ARTIKEL LAINNYA