Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Himpunan Marga Lubis: Pandemi Covid-19 Luluh Lantakkan Negeri Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 04 Agustus 2021, 12:53 WIB
Himpunan Marga Lubis: Pandemi Covid-19 Luluh Lantakkan Negeri Ini
Ilustrasi/Net
rmol news logo Himpunan Marga Lubis (Himalubis) menggelar webinar untuk membahas bagaimana situasi dan pola pemerintah dalam upaya penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19.

Dalam webinar seri 1 ini, Himalubis mengangkat tema “Konsistensi dan Sinergisitas Kebijakan Pemerintah: Upaya  Penanganan Pandemi" secara virtual, belum lama ini.

Ketua kepemudaan Naposo Nauli Bulung atau NNB Himalubis Rahmad Syarkawi Lubis menuturkan bahwa webinar nasional ini merupakan inisiatif dari kepemudaan Naposo Nauli Bulung atau NNB Himalubis yang disetujui oleh ketua umum Himalubis Fadlansyah Lubis yang bertujuan sebagai edukasi kepada masyarakat.

Di sisi lain, hal ini merupakan satu ikhtiar untuk memberikan edukasi kepada keluarga Himalubis dan  khalayak umum, dimana saat ini kita berada pada fase yang sangat kritikal yaitu perang melawan wabah.

"Perang melawan wabah pandemi yang telah meluluhlantakkan negeri ini mulai dari sektor politik, keagamaan, hingga sektor  ekonomi yang membawa negeri di ambang resesi," kata Rahmad Syarkawi Lubis dalam keterangan hari Rabu (4/8).

Beberapa narasumber seperti Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, ekonom senior Indef Prof Ahmad Erani, Ketua Bidang Hukum dan HAM Himalubis, Irwandi Lubis dan Muh. Kadarisman selaku ahli analisis kebijakan publik dihadirkan. Adapun peserta diikuti bukan hanya dari  keluarga besar Himalubis melainkan dari  berbagai kalangan dan perwakilan organisasi-organisasi yang ada di seluruh Indonesia.

"Webinar ini masih dapat disaksikan oleh masyarakat umum pada akun Youtube Himalubis,” tandas Rahmad Syarkawi.

Tercatat pada Selasa kamerin (3/8), usai Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021 ada tambahan kasus baru sebanyak 33.900 orang, sehingga totalnya 3.496.700 orang terkonformasi positif Covid-19 sejak kasus pertama pada Maret 2020 yang lalu.

Meski ada tren penurunan kasus, namun kasus kematian masih tetap tinggi. Hari ini saja ada tambahan 1.598 kasus kematian, sehingga totalnya 98.889 orang. Jika penanganan Covid-19 tidak terkendali maka bisa kasus kematian bisa terus meningkat dan menembus 100 ribu jiwa.

Saat ini provinsi dengan angka kematian tertinggi yakni Jawa Timur sebanyak 21.331 orang dengan tambahan 319 kasus kematian. Namun angka kematian tertinggi hari ini dicatatkan oleh Jawa Tengah sebanyak 406 orang, sehingga jumlahnya 20.427 orang.

Selanjutnya DKI Jakarta 12.466 orang dengan tambahan kasus kematian 68 orang. Sementara Jawa Barat 9.818 orang dengan tambahan 139 kasus kematian. Lalu, DI Yogyakarta 3.590 orang dengan tambahan 85 kasus kematian hari ini.

Saat ini kasus aktif atau pasien yang membutuhkan perawatan mencapai 524.142 orang, dan naik dibandingkan kemarin sebanyak 523.164 orang. Tambahan kasus sembuh juga mengalami kenaikan/penurunan sebanyak 31.324 dibanding hari sebelumnya yang tercatat 32.807 orang. Secara total, kasus sembuh dalam sehari sebanyak 2.873.669 orang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA