Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengusaha Kecap Hingga Konglomerat Sawit, Akidi Tio Punya Paman Mantan Pejabat Singapore

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 30 Juli 2021, 14:03 WIB
Pengusaha Kecap Hingga Konglomerat Sawit, Akidi Tio Punya Paman Mantan Pejabat Singapore
Sosok Akidi Tio/Instagram Bamsoet
rmol news logo Sosok Almarhum Akidi Tio kini ramai dibicarakan usai menyumbang Rp 2 triliun untuk penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkap, Akidi Tio merupakan pengusaha sukses di Kota Palembang. Bisnisnya, mulai dari kecap hingga perkebunan sawit.

"Akidi Tio pernah hidup di Palembang mulai usaha kecap, lalu punya pabrik kecap. Dia juga yang punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang dan dia yang punya Cipta Futura Sawit di Muara Enim," kata Bamsoet melalui unggahan di akun Instagramnya, Jumat (30/7).

Bamsoet dalam unggahannya tersebut menyebut bahwa Akidi Tio bukan sembarang orang. Ia merupakan bagian dari keluarga Thong Ju, orang Tionghoa kaya raya di Palembang sejak zaman Orde Lama alias rezim Soekarno. Pamannya merupakan seorang Menteri Perdagangan Singapore.

"Sejak dulu dia hidup di keluarga Thong Ju, China Palembang yang kaya era Soekarno, pamannya Menteri Perdagangan Singapore," ungkap Bamsoet.

Akidi Tio, kata Bamsoet, memang pernah bersumpah kepada Thong Ju akan memberikan sumbangan rakyat Palembang. Sumpah tersebut kemudian ia tepati melalui wasiat anak cucunya.

"Akidi Tio pernah bersumpah kepada Thong Ju kalau dia kaya akan memberikan sumbangan rakyat Palembang dan terbukti janjinya melalui wasiat anak cucunya," demikian Bamsoet.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA