Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Harapan Baru, Empat Peneliti LIPI Resmi Dikukuhkan Sebagai Profesor Riset

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 27 Juli 2021, 12:16 WIB
Jadi Harapan Baru, Empat Peneliti LIPI Resmi Dikukuhkan Sebagai Profesor Riset
Orasi Pengukuhan Profesor Riset LIPI yang digelar secara daring pada 27 Juli 2021/RMOL
rmol news logo Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) secara resmi telah mengukuhkan empat penelitinya sebagai profesor riset dalam Orasi Pengukuhan Profesor Riset LIPI.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Orasi yang digelar secara daring melalui Zoom dan disiarkan secara langsung di Youtube pada Selasa (27/7).

Empat peneliti yang dikukuhkan sebagai profesor riset adalah Rudi Subagja untuk bidang Metalurgi Proses, Sensus Wijonarko untuk bidang Teknologi Instrumentasi, Danny Hilman Natawidjaja untuk bidang Ilmu Kebumian, dan Efendi untuk bidang Metalurgi dan Material.

Rudi Subagja dengan orasi "Pengembangan Teknologi Proses Ekstraksi Titanium, Nikel, dan Tembaga untuk Kemandirian Industri Nasional". Sensus Wijonarko mengambil orasi berjudul "Instrumentasi Neraca Air Dalam Sistem Pengamat Hidrometeorologi Terpadu Untuk Upaya Mewujudkan Ketahanan Air".

Danny Hilman Natawidjaja membawakan orasi "Riset Sesar Aktif Indonesia dan Peranannya dalam Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami". Sementara Efendi memiliki orasi bertajuk "Desain Paduan Logam Untuk Komponen Turbin Pembangkit Listrik".

"Secara nasional, profesor riset yang dikukuhkan hari ini adalah yang ke-604, 605, 606, dan ke-607, dan merupakan profesor riset yang ke-151, 152, 153, dan 154 di LIPI," ujar Ketua Majelis Pengukuhan Profesor Riset (MPPR), Bangbang Subiyanto.

Kepala LIPI Agus Haryono mengatakan, pengukuhan empat profesor riset ini merupakan bukti bahwa LIPI memiliki kesinambungan kaderisasi peneliti dengan karya-karya berkualitas dan berstandar internasional.

"Kaderisasi adalah proses yang penting guna mendukung sustainability, pembangunan, terutama pembangunan iptek," tambahnya.

Lebih lanjut, ia juga berharap, dengan pengukuhan ini, para profesor riset dapat memiliki terobosan atau inovasi bagi Indonesia, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan, para profesor riset merupakan harapan bagi Indonesia.

"Di satu sisi memberikan harapan baru bahwa Indonesia dapat bersaing di ranah regional, global. Di sisi lain (diharapkan) memberikan solusi yang dibutuhkan masyarakat dan bangsa," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA