Farah.ID
Farah.ID

Universitas Syiah Kuala Aceh Buka Gerai Vaksinasi Massal

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 16 Juli 2021, 17:23 WIB
Universitas Syiah Kuala Aceh Buka Gerai Vaksinasi Massal
Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh, Prof. Samsul Rizal (kiri)/Ist
Universitas Syiah Kuala (USK) bekerjasama dengan Kodam Iskandar Muda dan Polda Aceh membuka gerai vaksinasi massal di AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat (16/7).

Kegiatan yang dikoordinir oleh BEM USK ini, dimaksudkan untuk mempercepat proses vaksinasi, sebagai salah satu ikhtiar dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Pada pelaksanaan vaksinasi tersebut, Rektor USK, Prof. Samsul Rizal bersama Kapolda Aceh, Irjen Pol. Wahyu Widada dan Pangdam IM, yang diwakili oleh Waas Ops, Letkol Inf Awang D, turun langsung meninjau proses vaksinasi.

"Di lingkungan USK sendiri, kita sudah melaksanakan vaksinasi beberapa kali, berkat kerjasama dengan Kodam Iskandar Muda, Polda Aceh. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar," ucap Rektor.

Gerai vaksinasi massal di AAC Dayan Dawood, pertama dimaksudkan untuk mempermudah mahasiswa melakukan vaksin. Terutama mahasiswa baru yang diwajibkan vaksin, mereka direncanakan akan mengikuti proses perkuliahan tahun ajaran baru, secara luring. Namun, USK juga membuka diri bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksin.

"USK membuka diri bagi masyarakat yang akan melakukan vaksin. Ini juga bagian dari peran kampus dalam berbuat di tengah pandemi, bentuk pengabdian kami. Sebelumnya, kita sudah mewajibkan mahasiswa untuk vaksin, dan sertifikat vaksin menjadi syarat saat pengisian KRS," jelas Rektor.

Lebih jauh, Samsul Rizal menerangkan ini juga bagian daripada ikhtiar USK untuk menurunkan Covid-19 yang ada di Aceh.

Dia berdoa dan percaya, jika Covid-19 di Aceh turun, maka secara umum Covid-19 di Indonesia juga turun. Dalam waktu dekat, USK juga akan mengajak pedagang di seputaran kampus untuk vaksinasi.

"Dalam waktu dekat, kita coba ajak para pedagang yang ada di seputaran kampus untuk ikut vaksin," terangnya.

Rektor menyampaikan, selama ini pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait, mulai dari satgas Covid-19, Kodam IM juga Polda Aceh.

Dia ingin USK menjadi contoh yang baik dalam pelaksanaan vaksin, tertib dan tanpa kerumunan.

Untuk kuota sendiri, per hari USK tidak mematok target khusus. Hanya saja, Rektor menyampaikan, minimal tercapai 500 orang. Vaksinasi di USK berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 16.30 WIB.

Sementara itu, Ketua BEM USK, Fikrah Aulia menyebutkan, saat diminta menjadi bagian dari pelaksanaan vaksinasi, dia langsung berkoordinasi dengan Ketua BEM di tingkat fakultas.

"Kami langsung duduk bersama, menjelaskan sinergi untuk vaksinasi massal. Semuanya saling membantu. Respon juga sangat baik kami lihat, hari ini saja yang mendaftarkan diri lebih dari 600 orang," jelas Ketua BEM USK.

Untuk diketahui, ini kali kesekian USK melakukan vaksinasi. Sebelumnya, kampus 'Jantong Hate Rakyat Aceh' ini melaksanakan vaksin di Rumah Sakit Pendidikan USK, bahkan 'jemput bola' ke beberapa fakultas, juga di perpustakaan induk.

ARTIKEL LAINNYA