Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masjid Istiqlal Dipastikan Tidak Gelar Shalat Idul Adha Berjemaah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 14 Juli 2021, 23:59 WIB
Masjid Istiqlal Dipastikan Tidak Gelar Shalat Idul Adha Berjemaah
Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar/Net
rmol news logo Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat dipastikan tidak menggelar Shalat Idul Adha berjemaah pada 10 Zulhijah 1442 yang jatuh 20 Juli 2021.

Hal itu sesuai dengan keputusan pemerintah dalam rapat tingkat menteri yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pada 2 Juli 2021 lalu.

Dalam rapat tersebut, diputuskan untuk meniadakan takbiran dan Shalat Idul Adha dengan alasan masih dalam pandemi corona. Meski demikian, masih ada pemotongan hewan kurban dengan aturan yang ketat sesuai masukan MUI.

“Kami tidak melakukan takbiran di Masjid Istiqlal, tapi kami lakukan di TV Istiqlal yang link dengan seluruh masjid di ibukota di seluruh dunia,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Rabu (14/7).

Nasaruddin mengatakan, peniadaan takbiran dan salat Idul Adha itu tidak mengurangi syiar Islam, dan pastinya tidak akan ada kerumunan karena Masjid Istiqlal ditutup untuk umum.

Nasaruddin mengatakan, Shalat Idul Adha, juga salat berjemaah di masjid hukumnya sunah. Sedangkan menjaga keselamatan dan kesehatan pribadi di tengah pandemi corona hukumnya wajib.

"Jangan sampai beribadah mendahulukan yang sunah, tapi mengabaikan yang wajib,” demikian Nasaruddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA